HarianJendela Alkitab
Trending

Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Sabtu, 17 Oktober 2020

Bacaan Pertama: Ef 1:15-23

Kristus diberikan sebagai kepala atas Jemaat, dan Jemaat itulah tubuh Kristus.

Saudara-saudara, aku telah mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus. Maka aku pun tidak berhenti mengucap syukur karena kalian, dan dalam doaku kalian selalu kukenangkan. Kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mahamulia, aku mohon supaya kalian diberi-Nya Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar; supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kalian mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya, yaitu betapa kaya kemuliaan yang dijanjikan akan diwarisi oleh orang-orang kudus dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya. Kekuatan itu sesuai dengan daya kuasa Allah yang berkarya dalam Kristus, yakni kuasa yang membangkitkan Kristus dari antara orang mati serta menempatkan Dia di sisi kanan Allah dalam surga. Di situ Kristus jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa, kekuasaan dan kerajaan serta tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan saja di dunia ini, melainkan juga di dunia yang akan datang.

Segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan Allah kepada jemaat sebagai kepala dari segala yang ada. Jemaat itulah tubuh-Nya, yakni kepenuhan diri-Nya, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.

Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan: Mzm 8:2-3a.4-5.6-7 R:7

Putera-Mu Kauberi kuasa atas buatan tangan-Mu.

  • Ya Tuhan, Allah kami, betapa mulia nama-Mu di seluruh bumi! Keagungan-Mu luhur mengatasi langit.
    Lewat mulut bayi dan anak-anak menyusu Kaupermalukan lawan-lawan-Mu.
  • Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kaupasang: Apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?
  • Kauciptakan dia hampir setara dengan Allah, Kaumahkotai dengan kemuliaan dan semarak. Kauberi dia kuasa atas buatan tangan-Mu; segala-galanya telah Kautundukkan di bawah kakinya.

Bait Pengantar Injil: Yoh 15:26b.27a

Roh Kebenaran akan memberi kesaksiaan tentang Aku. Dan kalian pun harus memberi kesaksian, sabda Tuhan.

Bacaan Injil: Luk 12:8-12

Roh Kudus akan mengajarkan kepadamu, apa yang harus kalian katakan.

Sekali peristiwa Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, “Barangsiapa mengakui Aku di depan manusia, akan diakui pula oleh Anak Manusia di depan para malaikat Allah. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal pula di depan para malaikat Allah.

Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni. Tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, tidak akan diampuni. Apabila kalian dihadapkan kepada majelis atau pemerintah, atau penguasa, janganlah kalian kuatir bagaimana dan apa yang harus kalian katakan untuk membela dirimu. Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajarkan kepadamu apa yang harus kamu katakan.”

Demikianlah Injil Tuhan

Renungan

Menjadi seorang Katolik khususnya dan kaum minoritas umumnya di republik ini tidak selalu mudah. Kita merasa takut dan tidak percaya diri untuk mengungkapkan iman akan Yesus Kristus. Selain karena ada tekanan dari pihak luar tetapi terutama kekurangpercayaan kita kepada Tuhan yang terlebih dahulu mengakui kita sebagai anak-anak-Nya.

Firman Tuhan hari ini sangat meneguhkan kita bahwa dalam situasi apa pun  kita diajak untuk tetap mengakui bahwa kita beriman kepada Kristus. Pengakuan itu diwujudkan dengan menjadi pribadi yang jujur, bertanggung jawab dalam menjalankan  tugas dan pekerjaan sehari-hari. Dalam pergaulan di tengah masyarakat juga tetap menunjukkan jati diri kita sebagai orang Katolik, Kita memang harus berteman dengan siapa saja tanpa harus menutupi kekatolikan kita. Justru kita diajak untuk menunjukkan bahwa orang-orang Katolik itu ramah, baik hati, bersahabat dengan siapa saja, tulus dalam bergotong royong, dan dapat dipercaya karena bertanggung jawab. Pengakuan iman akan Yesus Kristus itu bukan terutama untuk menunjukkan diri atau sekadar untu mengesani orang, melainkan lahir dari kesadaran dan kerendahan hati kita bahwa Yesus adalah sungguh-sungguh penyelamat kita.

Allah Yang Mahakuasa, bantulah kami agar tetap berpegang teguh iman akan Putra-Mu. Semoga kehidupan kami sehari-hari sungguh-sungguh menunjukkan jati diri sebagai  pengikut Yesus yang sejati. Amin.

02 Januari, Bacaan, bacaan kitab suci hari ini, Injil hari ini, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, misa natal, natal, penyejuk iman, refleksi harian, Renungan hari minggu, renungan harian, renungan harian katolik, sabda tuhan, ziarah batin
Ziarah Batin Cover

 

Sumber: Renungan Ziarah Batin 2020, Penerbit OBOR

Inspirasimu: Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Jumat, 16 Oktober 2020

 

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close