HarianJendela Alkitab
Trending

Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Jumat, 30 Oktober 2020

Bacaan Pertama: Flp 1:1-11

Allah telah memulai karya baik di antaramu. Dia akan melanjutkannya sampai akhir pada hari Kristus Yesus.

Dari Paulus dan Timotius, hamba-hamba Kristus Yesus, kepada semua orang kudus dalam Kristus Yesus di Filipi, beserta para penilik jemaat dan diakon. Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kalian.

Aku mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengingat kalian. Dan setiap kali aku berdoa untuk kalian semua, aku selalu berdoa dengan sukacita. Aku mengucap syukur kepada Allahku karena persekutuan kalian dalam Berita Injil dari hari pertama sampai sekarang ini. Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, bahwa Dia yang telah memulai karya baik di antaramu, akan melanjutkannya sampai akhir pada hari Kristus Yesus. Memang sudahlah sepatutnya aku berpikir demikian tentang kalian semua, sebab kalian ada dalam hatiku. Kalian semua turut mendapat bagian dalam kasih karunia yang diberikan kepadaku, baik pada waktu aku dipenjarakan,
maupun pada waktu aku membela dan meneguhkan Berita Injil. Sebab Allahlah saksiku betapa dengan kasih mesra Kristus Yesus aku merindukan kalian.

Dan inilah doaku: Semoga kasihmu semakin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian. Dengan demikian kalian dapat memilih yang baik, agar kalian suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus. Semoga kalian dipenuhi dengan buah kebenaran oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.

Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan: Mzm 111:1-2.3-4.5-6 R:2a

Besarlah perbuatan-perbuatan Tuhan.

  • Aku bersyukur kepada Tuhan dengan segenap hati, dalam lingkungan orang-orang benar dan di tengah jemaat. Besarlah perbuatan-perbuatan Tuhan, layak diselidiki oleh semua orang yang menyukainya.
  • Agung dan bersemaraklah pekerjaan-Nya, keadilan-Nya tetap untuk selama-lamanya. Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dijadikan peringatan; Tuhan itu pengasih dan penyayang.
  • Kepada orang takwa diberikan-Nya rezeki, selama-lamanya Ia ingat akan perjanjian-Nya. Kekuatan perbuatan-Nya Ia tujukan kepada umat-Nya, dengan memberikan kepada mereka milik pusaka para bangsa.

Bait Pengantar Injil: Yoh 10:27

Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku, sabda Tuhan; Aku mengenal mereka, dan mereka mengikuti Aku.

Bacaan Injil: Luk 14:1-6

Siapakah yang anak atau lembunya terperosok ke dalam sumur, tidak segera menariknya ke luar meski pada hari Sabat?

Pada suatu hari Sabat Yesus datang ke rumah salah seorang pemimpin orang-orang Farisi untuk makan di situ. Semua orang yang hadir mengamat-amati Dia dengan saksama. Tiba-tiba datanglah seorang yang sakit busung air dan berdiri di hadapan Yesus.

Lalu Yesus bertanya kepada para ahli Taurat dan orang-orang Farisi, “Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat atau tidak?” Tetapi mereka semua diam saja. Lalu Yesus memegang tangan si sakit itu dan menyembuhkannya, serta menyuruhnya pergi.

Kemudian Ia berkata kepada mereka, “Siapakah di antara kalian yang anak atau lembunya terperosok ke dalam sumur, tidak segera menariknya ke luar, meski pada hari Sabat?” Mereka tidak sanggup membantah-Nya.

Demikianlah Injil Tuhan

Renungan

Dalam Injil hari ini, Yesus kembali menyembuhkan orang sakit pada hari Sabat. Peristiwa penyembuhan yang dilakukan  itu menjadi pelajaran yang amat berharga bagi orang-orang  Farisi yang sangat taat terhadap aturan, tetapi hati nurani dan rasa kemanusiaannya mati. Yesus ingin mengatakan bahwa di atas aturan itu masih ada hukum yang utama yaitu cinta kasih. Semua orang harus hidup dalam kasih, terutama untuk membantu orang-orang yang sedang sakit dan menderita. Taat pada aturan itu baik, tetapi jangan sampai ketaatan itu menjadi sekat sosial dan membuat manusia lupa untuk mengembangkan cinta kasih dalam hidup sehari-hari.

Sebagai anak-anak Tuhan kita diajak untuk selalu hidup dalam belas kasih. Di sekitar kita masih banyak orang-orang yang hidupnya kurang beruntung dari segi ekonomi, pendidikan, lapangan kerja, kesempatan untuk berprestasi, dan juga informasi. Mereka adalah saudara-saudari kita dan sudah sepantasnya kita menjadi orang Katolik yang murah hati, peduli, dan rela berbagi. Setiap hari Tuhan selalu melimpahkan berkat kepada kita dan setiap hari juga kita diutus untuk membagi berkat itu kepada sesama tanpa pilih kasih.

Allah Yang Maharahim, semoga kami lebih bijaksana dalam menyikapi setiap aturan  yang ada dalam lingkungan hidup kami dan  semoga kami senantiasa menempatkan cinta kasih sebagai landasan hidup kami. Amin.

02 Januari, Bacaan, bacaan kitab suci hari ini, Injil hari ini, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, misa natal, natal, penyejuk iman, refleksi harian, Renungan hari minggu, renungan harian, renungan harian katolik, sabda tuhan, ziarah batin
Ziarah Batin Cover

 

Sumber: Renungan Ziarah Batin 2020, Penerbit OBOR

Inspirasimu: Ulasan Eksegetis Bacaan Kitab Suci Minggu XXX

 

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close