KATEKESETeladan Kita
Trending

Santo Nuno de Santa Maria Álvares Pereira : 01 November

NUNO de Santa Maria Alvares Pereira lahir pada 24 Juni 1360, di Flor da Rosa, dekat Crato, Portugal Tengah. Ia adalah anak diluar nikah dari Dom ÁlvaroPereira Gonçalves dan Donna Iria Gonçalves do Carvalhal. Sekitar setahun setelah kelahirannya, statusnya dilegitimasi melalui dekrit kerajaan sehingga ia berhak memakai gelar bangsawan dan menerima pendidikan selayaknya anggota keluarga bangsawan tinggi Portugal pada waktu itu. Pada usia enam belas tahun, atas keinginan ayahnya, Nuno menikah dengan seorang janda muda bernama Donna Leonor de Alvim. Dari pernikahan ini lahir seorang puteri yang cantik jelita, Beatrice, yang kelak menikah dengan Dom Afonso, raja muda Bragança, putra dari Raja João I of Portugal.

01 November, katekese, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Para Kudus di Surga, Santo Alfonsus Rodriquez, Santo Nuno de Santa Maria Álvares Pereira, santo santa, teladan kita
Ilustrasi: wikipedia

Masuk biara Karmel

Selain sebagai seorang pemimpin militer yang brilian, Nuno juga seorang katolik yang saleh. Ia memiliki cinta yang mendalam pada Sakramen Ekaristi dan Bunda Maria, yang menjadi fondasi utama dari kehidupannya. Seluruh hidupnya benar-benar ia dedikasikan dalam doa kepada Santa Maria. Setiap hari Rabu, Jumat dan Sabtu Ia akan berpuasa untuk menghormati Bunda Maria. Pada panji kebesarannya tertera gambar salib, Bunda Maria, gambar Santo Yakobus dan Santo Georgius.

Pada usia 63 tahun, Nuno pensiun dari kemiliteran. Mantan panglima perang ini lalu membagi-bagikan seluruh harta kekayaannya bagi para veteran dan fakir miskin, dan memutuskan untuk masuk biara Karmel yang telah ia dirikan. Ia mengucapkan kaulnya sebagai seorang bruder dan mengambil nama biara : Nuno dari Santa Maria (Nuno de Santa Maria).

Tutup usia dan Kanonisasi

Bruder Nuno de santa Maria tutup usia pada hari Minggu Paskah,1 April 1431. Ribuan rakyat Portugal datang menghantar pahlawan nasional dan pahlawan iman ini ke tempat pemakamannya. Bahkan sejak hari pemakamannya, Bruder Nuno sudah diakui suci oleh seluruh rakyat portugal yang menyebut namanya dengan sebutan “O Santo Condestavel”.

Proses kanonisasi Bruder Nuno Alvarez dimulai oleh penguasa Portugis bersama Ordo Karmel. Tetapi mengalami banyak sekali hambatan. Akhirnya pada tanggal 23 Januari 1918, hampir lima abad setelah kematiannya, Bruder Nuno Alvarez dibeatifikasi oleh Paus Benediktus XV. Lalu pada tanggal 26 April 2009 ia di Kanonisasi oleh Paus Benediktus XVI.

Baca selengkapnya: www.katakombe.org

Inspirasimu: Santo Alfonsus Rodriquez : 31 Oktober

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close