BERITA
Trending

Mgr. Mandagi Menjadi Uskup Agung Merauke: Saya tidak Bisa Menolak Kehendak Tuhan

MIRIFICA.NET – Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC ditunjuk Paus Fransiskus menjadi Uskup Agung Metropolitan Keuskupan Agung Merauke dan sekaligus akan menjabat sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Amboina sampai terpilih uskup baru. Uskup kelahiran Kamangta, 27 April 1949 ini (71 tahun) sebelumnya sudah berkarya sebagai uskup Keuskupan Amboina selama 26 tahun (18 september 1994) dan Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke selama 15 bulan (sejak 7 Agustus 2019).

Kabar gembira ini diumumkan Rabu, 11 November 2020 pukul 20.00 WIT di akhir Perayaan Ekaristi bersama yang dipimpin oleh Vikaris General Keuskupan P. Hendrikus Kariwop, MSC di Gereja Paroki St. Fransiskus Xaverius-Katedral Merauke. P.Kariwop, akrab disapa Pater Hengky membacakan surat Nuncio Apostolik tertanggal 11 November 2020 nomor 1962/2020 tentang penugasan kepada Pater Hengky untuk memberitahukan kabar sukacita ini. Berikut salah satu bagian yang dibacakan Pater Hengky:

Mgr Mandagi, Uskup Agung Merauke, Keuskupan Agung Merauke, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Gereja Katolik Indonesia, katekese, teladan kita, umat katolik, yesus kristus, Catholic
Foto: Yovita Helen/ Komsos KAMe

“Melalui surat ini saya hendak memperlihatkan kepada anda dan kepada semua unsur dari Keuskupan Agung Merauke yang ternama, rasa syukur dan penghargaan mendalam bagi semangat dan komitmen murah hati dalam melaksanakan kewajiban dan tanggungjawab demi kehidupan keuskupan di bawah bimbingan Administrator apostolik.”

Sekarang sukacita saya semakin mendalam. Selagi saya memiliki kewajiban untuk mengumumkan bahwa Bapa Suci telah menunjuk yang mulia Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC, uskup Keuskupan Amboina, sampai sekarng Administrator Apostolik anda, sebagai Uskup Agung Metropolitan keuskupan agung Merauke yang baru”.

Mgr Mandagi, Uskup Agung Merauke, Keuskupan Agung Merauke, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Gereja Katolik Indonesia, katekese, teladan kita, umat katolik, yesus kristus, Catholic
Dokpri

Sementara itu di Rumah Keuskupan Amboina, Bapa Uskup Mandagi berkumpul bersama dengan para imam yang berkarya di wilayah pelayanan Kota Ambon. Mereka berkumpul untuk mendengarkan juga sebuah surat dari Nuncio Apostolik tentang kepemimpinan di Keuskupan Amboina. P.Inno Ngutra, Sekretaris Keuskupan membaca surat yang secara singkat menerangkan bahwa Uskup Mandagi diangkat juga sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Amboina sampai terpilih Uskup yang baru.

Pengumuman ini diumumkan  dalam situs resmi Vatikan berbunyi demikian: Il Santo Padre ha nominato Arcivescovo Metropolita dell’Arcidiocesi di Merauke (Indonesia), S.E. Mons. Petrus Canisius Mandagi, M.S.C., finora Vescovo della Diocesi di Amboina. (Bapa Suci telah menunjuk sebagai Uskup Agung Metropolis Keuskupan Merauke (Indonesia) Yang Mulia Monsigneur Petrus Canisius Mandagi, MSC yang sampai saat uskup Keuskupan Amboina)

Ref: https://press.vatican.va/content/salastampa/it/bollettino/pubblico/2020/11/11/0584/01360.html#arciv

Uskup Mandagi ketika dihubungi memberikan komentar, bahwa usianya memang tidak muda lagi tetapi ia sendiri tidak bisa menolak kehendak Tuhan karena itu Uskup yang pernah menjadi dosen di STF-Seminari Pineleng dan Provincial Tarekat MSC ini mengatakan:

Memang tugas ini tidak gampang, apalagi saya kini sudah berumur lanjut dan kaki sudah sedikit pincang. Namun, saya tidak bisa menolak kehendak Tuhan. Saya yakin bahwa Tuhan akan mendampingi saya dalam melaksanakan tugas berat ini. Doa saya pada Tuhan, semoga saya senantiasa menjadi uskup yang rendah hati dan sederhana. Pegangan saya: Fortiter in re, sed suaviter in modo artinya: teguh dalam prinsip, tetapi lembut dalam cara.

Selamat Bapa Uskup untuk tugas yang baru. Dan banyak selamat untuk umat Keuskupan Agung Merauke.

Mgr Mandagi, Uskup Agung Merauke, Keuskupan Agung Merauke, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Gereja Katolik Indonesia, katekese, teladan kita, umat katolik, yesus kristus, Catholic
Foto: Yovita Helen/ Komsos KAMe
Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close