HarianJendela Alkitab
Trending

Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Kamis, 24 Desember 2020

MISA PAGI

Bacaan Pertama: 2Sam 7:1-5.8b-12.16

Kerajaan Daud akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapan Tuhan.

Pada masa itu Raja Daud telah menetap di rumahnya, dan Tuhan telah mengaruniakan kepadanya keamanan
terhadap semua musuh di sekeliling, Maka berkatalah Raja Daud kepada Nabi Natan, “Lihatlah, aku ini diam dalam rumah dari kayu aras, padahal tabut Allah diam di bawah tenda.” Lalu berkatalah Natan kepada raja,
“Baik, lakukanlah segala sesuatu yang dikandung hatimu, sebab Tuhan menyertai engkau.”

Tetapi pada malam itu juga datanglah firman Tuhan kepada Natan, “Pergilah, katakanlah kepada hamba-Ku Daud: Beginilah firman Tuhan: Masakan engkau yang mendirikan rumah untuk Kudiami? Akulah yang mengambil engkau dari padang, ketika engkau menggiring kambing domba! Engkau Kuambil untuk Kujadikan raja atas umat-Ku Israel. Aku telah menyertai engkau di segala tempat yang kaujalani, dan telah melenyapkan semua musuh dari hadapanmu. Aku membuat besar namamu seperti nama orang-orang besar yang ada di bumi. Aku menentukan tempat bagi umat-Ku Israel dan menanamkannya, sehingga ia dapat diam di tempatnya sendiri dengan tidak lagi dikejutkan atau pun ditindas oleh orang-orang lalim seperti dahulu, sejak Aku mengangkat hakim-hakim atas umat-Ku Israel. Aku mengaruniakan kepadamu keamanan terhadap semua musuhmu.

Juga diberitahukan Tuhan kepadamu: Tuhan akan memberikan keturunan kepadamu. Apabila umurmu sudah genap dan engkau telah mendapat perhentian bersama nenek moyangmu, maka Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, anak kandungmu, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya. Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapan-Ku, takhtamu akan kokoh untuk selama-lamanya.”

Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan: Mzm 89:2-3.4-5.27.29 R:2a

Aku hendak menyanyikan kasih setia Tuhan selama-lamanya.

  • Engkau berkata ya Tuhan, “Telah Kuikat perjanjian dengan orang pilihan-Ku, Aku telah bersumpah kepada Daud hambaKu:  Aku hendak menegakan anak cucumu untuk selama-lamanya dan membangun tahtamu turun temurun.”
  • Berbahagialah bangsa yang tahubersorak-sorai, ya Tuhan, mereka hidup dalam cahaya wajah-Mu; karena nama-Mu mereka bersorak-sorai sepanjang hari, dan karena keadilan-Mu mereka bermegah-megah.
  • Diapun aka berseru kepada-Ku, “Bapakulah Engkau, Allahku dan gunung batu keselamatanku.” Untuk selama-lamanya Aku akan memelihara kasih setia-Ku bagi dia, dan perjanjian-Ku dengannya akan Kupegang teguh.

Bacaan Pengantar Injil: 955

Alleluya, alleluya, alleluya

Ayat

Besok kejahatan dunia akan dilebur dan penyelamat dunia akan merajai kita.

Bacaan Injil: Luk 1:67-79

Allah mengunjungi kita laksana fajar cemerlang.

Zakharia, ayah Yohanes, penuh dengan Roh Kudus, lalu bernubuat, katanya, “Terpujilah Tuhan, Allah Israel, sebab Ia telah mengunjungi umat-Nya dan membawa kelepasan baginya, Ia menumbuhkan sebuah tanduk keselamatan bagi kita di dalam keturunan Daud, hamba-Nya, seperti yang telah difirmankan-Nya sejak purbakala lewat mulut nabi-nabi-Nya yang kudus, untuk melepaskan kita dari musuh-musuh kita dan dari tangan semua orang yang membenci kita; untuk menunjukkan rahmat-Nya kepada nenek moyang kita, dan mengingat akan perjanjian-Nya yang kudus, yaitu sumpah yang diucapkan-Nya kepada Abraham, bapa leluhur kita, bahwa Ia mengaruniai kita, supaya kita, terlepas dari tangan musuh, dapat beribadah kepada-Nya tanpa takut, dalam kekudusan dan kebenaran di hadapan-Nya seumur hidup kita. Dan engkau, hai anakku, akan disebut nabi Allah Yang Mahatinggi; karena engkau akan berjalan mendahului Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya, untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka, oleh rahmat dan belas kasihan dari Allah kita, dengan mana Ia akan mengunjungi kita: Surya pagi dari tempat yang tinggi, untuk menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan naungan maut untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera.”

Demikianlah Injil Tuhan

Renungan

Nabi Samuel adalah nabi yang melayani di masa peralihan dari zaman hakim-hakim ke zaman raja-raja. Dalam masa perutusan Samuel, bangsa Israel meminta raja duniawi kepada Tuhan seperti bangsa-bangsa lain. Tuhan mengabulkan permintaan mereka. Kemudian Samuel melantik Saul menjadi raja pertama atas arahan Tuhan. Kemudian Saul digantikan Daud atas arahan Tuhan karena Saul lebih memilih mengikuti rancangannya sendiri. Tuhan menjanjikan Kerajaan Daud dan keturunannya akan kokoh selama-lamanya. Rupanya Daud lebih patuh kepada Tuhan daripada pendahulunya. Bahkan ia berencana memajukan kehidupan rohani bangsa Israel dengan membangun Bait Suci sebagai wujud rasa syukurnya kepada Tuhan. Namun rencana tersebut terwujud pada masa Nabi Natan sesuai dengan rencana Tuhan.

Rencana Allah juga terjadi kepada Zakaria ketika Allah memberikan seorang anak baginya, di usia istrinya yang tidak lagi memungkinkan memiliki anak. Kelahiran Yohanes menjadi tanda bahwa Allah selalu menggenapi apa yang telah Dia janjikan kepada orang yang selalu setia. Yohanes akan menjadi nabi yang bertugas untuk mempersiapkan jalan bagi Tuhan dan mewartakan pengampunan dosa. Ia mewartakan bahwa kabar keselamatan akan tergenapi dalam diri Yesus, Sang Mesias, sebab Ia merupakan wujud lawatan Allah kepada umat-Nya. Itulah yang menjadi alasan mendasar sehingga Zakharia memuji Allah. Apa yang dikatakan oleh Zakharia tentang Yohanes Pembaptis berlaku juga bagi kita. Maka marilah kita mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan-Nya agar kita mengalami damai sejahtera.

Ya Allah, semoga kami dapat menyiapkan hati untuk menyambut Engkau. Amin.

02 Januari, Bacaan, bacaan kitab suci hari ini, Injil hari ini, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, misa natal, natal, penyejuk iman, refleksi harian, Renungan hari minggu, renungan harian, renungan harian katolik, sabda tuhan, ziarah batin
Ziarah Batin Cover

 

Sumber: Renungan Ziarah Batin 2020, Penerbit OBOR

Inspirasimu: Ulasan Eksegetis Bacaan Kitab Suci Minggu Adven IV/B

 

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close