KATEKESETeladan Kita
Trending

Santa Tatiana : 12 Januari

Tatiana dari Roma, Tatiana of Rome

TATIANA hidup pada abad ke-3 di kota Roma. Ia adalah seorang diakoness Gereja yang menjadi martir pada masa pemerintahan Kaisar Alexander Severus.

Menurut legenda, Tatiana adalah putri dari seorang konsul Romawi yang secara diam – diam menerima Yesus sebagai Juru Selamatnya dan memberikan dirinya untuk dibabtis menjadi seorang Kristen. Ia kemudian hidup sebagai seorang kristen yang saleh dan membesarkan putrinya Tatiana dalam iman dan kasih kristiani. Karena kecakapannya; Titiana kemudian diangkat oleh jemaat menjadi diakon gereja.

ada saat penganiayaan makin menghebat, diaconess Tatiana ikut tertangkap. Ia kemudian dibawa ke sebuah kuil pagan dan dipaksa untuk mempersembahkan korban bakaran untuk dewa pagan Apollo. Dengan tegas Tatiana menolak. Didepan altar pagan tersebut Ia malah menutup matanya dan berdoa kepada Yesus Kristus untuk membantunya. Legenda mengatakan bahwa sesaat setelah ia berdoa sebuah gempa bumi mengguncang kuil Apollo, dan patung dewa Romawi itu pecah berantakan. Bangsa Romawi tidak melihat hal ini sebagai sebuah keajaiban; mereka malah menjadi sangat marah dan penuh dendam kepada diaconess kristen Tatiana. Tatiana kemudian dibawa ke penjara dimana ia kemudian disiksa dengan sangat mengerikan.

Pihak berwenang Romawi menjadi marah, dan hari berikutnya delapan orang algojo itu disiksa dan dibunuh. Lalu mereka melemparkan Tatiana ke kandang singa. Tapi, bukannya merobek Tatiana, binatang buas itu malah merangkak turun ke kakinya, dan berbaring di sana. Setelah beberapa kali gagal untuk membunuh Santa Tatiana, pada tanggal 25 Januari (12 Januari dalam kalender Julian ) tahun 226  Santa Tatiana menerima mahkota kemartirannya dengan cara dipenggal.

Santa Tatiana telah dihormati sebagai orang kudus abad ke-3; dan dirayakan pestanya pada setiap tanggal 12 Januari (25 Januari pada beberapa gereja). Keteladanan Tatiana telah membawa banyak orang untuk menerima iman Kristiani dan meninggalkan kekafiran.

Santa Tatiana adalah Pelindung para pelajar. Di Belarusia, Rusia, dan Ukraina, hari perayaan Santa Tatiana dikenal dengan nama “Tatiana Day”, yang  juga dikenal sebagai “Hari Pelajar”, dan merupakan hari libur nasional.

Sumber: katakombe.org

Inspirasimu: Santo Petrus Balsamus : 11 Januari

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close