BERITA
Trending

Catatan Kongregasi Ibadat Ilahi dan Tata Tertib Sakramen Tentang Rabu-Abu di Era Pandemi

MIRIFICA.NET – 12 Januari 2021, Kongregasi Ibadat Ilahi dan Tata Tertib Vatikan mengeluarkan sebuah catatan singkat berisi petunjuk praktis untuk perayaan Rabu-abu di era Pandemi. Catatan ini menguraikan prosedur yang harus diikuti oleh para imam di seluruh dunia untuk pembagian abu pada Hari Rabu Abu, 17 Februari 2021.

Catatan ini secara tegas mengatur bagaimana imam menggelar upacara pembagian abu tanpa harus bersentuhan dan berbicara ketika menaburkannya di atas kepala umat. Inilah sebuah petunjuk praktis yang secara resmi disampaikan Vatikan untuk dilaksanakan di seluruh gereja universal.

Berikut isi surat: Prot. N. 17/21 CATATAN TENTANG HARI RABU ABU

Pembagian Abu Pada Masa Pandemi. Imam mengucapkan doa untuk memberkati abu. Ia mereciki abu dengan air suci tanpa mengatakan apa-apa.

Lalu ia menyapa semua yang hadir dan hanya satu kali mengucapkan rumusan sebagaimana terdapat dalam Buku Misa Romawi, menerapkannya kepada semua secara umum: “Bertobatlah dan percayalah pada Injil” atau “Ingatlah bahwa kamu adalah abu dan akan kembali menjadi abu”.

Lalu imam membersihkan tangannya, mengenakan masker wajah dan membagikan abu kepada mereka yang datang kepadanya, atau jika perlu, ia pergi kepada mereka yang berdiri di tempatnya. Imam mengambil abu dan menaburkannya di atas kepala masing-masing umat tanpa mengatakan apa apa.

Dari Kongregasi untuk Ibadat Ilahi dan Tata Tertib Sakramen,

12 Januari 2021

Robert Kardinal Sarah

Prefek

Sumber: Vaticannews.va

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close