BERITA
Trending

Update Response Nasional Jaringan Caritas Atas Bencana Gempa Bumi di Sulawesi Barat

MIRIFICA.NET, Jakarta – Setelah Caritas Indonesia menyatakan akan melakukan RESPON NASIONAL JARINGAN CARITAS pada Gempa Mamuju, mulai tanggal 16 Januari 2021 di Pos Layanan Caritas di Paroki Santa Perawan Maria Ratu Mamuju sudah mulai melakukan stok logistik dan distribusi.

Barang-barang kebutuhan mendesak hasil dari kajian awal yang dilakukan oleh Caritas Makassar dipenuhi untuk warga terdampak. Logistik ini diusahakan dan didistribusikan oleh Pos Layanan Caritas di Mamuju yang berupa air mineral, alas tidur, dan dapur umum. “Kami mengusahakan ketersediaan barang tersebut melalui usaha di Paroki setempat dan dari Keuskupan Agung Makassar terlebih dahulu karena akses transportasi masih sulit dan juga turut membantu perekonomian daerah tersebut untuk terus berjalan,” Direktur Eksekutif Caritas Indonesia menjelaskan aktivitas yang sudah dilakukan oleh Jaringan Caritas. Panduan untuk Pekerja Kemanusiaan Caritas dalam Konteks Pandemi Covid-19 dikeluarkan untuk memaksimalkan respon dan membantu meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

 Hari ini, staf Unit Tanggap Darurat dan Pengurangan Resiko Bencana (TD-PRB) Caritas Indonesia sudah berada di Makassar dan akan melakukan perjalanan ke Mamuju. Kajian awal lapangan diperlukan untuk menentukan Rapid Response dari Caritas Indonesia. Sedangkan di tingkat nasional, Caritas Indonesia telah berkoordinasi dengan anggota Konfederasi Caritas Internationalis yang menjalankan misi kemanusiaan di Indonesia. Hasil dari koordinasi ini adalah adanya kesepakatan untuk berkolaborasi dan berbagi sumber daya demi mendukung misi kemanusiaan yang dilakukan di Provinsi Sulawesi Barat. Selain itu, Caritas Indonesia juga berkoordinasi dengan Humanitarian Forum Indonesia (HFI) – perkumpulan organisasi kemanusiaan berbasis agama, dan bergabung dengan Klaster Nasional Pengungsian dan Perlindungan, Klaster Logistik, Klaster WASH dan Pos Pendidikan Sulbar untuk melihat gap yang dapat diisi oleh Caritas Indonesia dalam melakukan respon kemanusiaan Gempa Mamuju.

UPDATE SITUASI DAN KONDISI

Kabar terakhir yang diterima adalah Gereja Katolik Paroki Santa Maria Ratu, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat mengalami kerusakan pada dinding dan tangga bangunan Gereja. Saat ini di Pastor Paroki Santa Maria Ratu, Victor Wiro Patinggi, Pr, menjadi Koordinator Lapangan dari Pos Layanan Caritas yang beralamatkan di Jl. Bau Massepe No. 14, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat 91512.

Dari data yang diperoleh per 16 Januari 2021, 46 orang meninggal dunia, 826 luka-luka, lebih dari 15.000 orang mengungsi, 415 rumah rusak, dan total dari warga terdampak adalah 18.152 orang. Titik pusat pengungsian dan dapur umum yang ditentukan oleh Pemerintah Republik Indonesia berada di Stadion Manakarra. Sedangkan pasien yang dirawat di Rumah Sakit terdampak dipindahkan ke Rumah Sakit Lapangan dan stok APD menipis.

Kebutuhan mendesak yang didata oleh Pos Layanan Caritas di Mamuju antara lain sembako, makanan siap saji, APD, selimut dan alas tidur, serta pelayanan medis.

Caritas Indonesia (Yayasan KARINA – KWI) secara hukum didirikan pada tanggal 17 Mei 2006 dan merupakan lembaga kemanusiaan resmi milik KWI (Konferensi Waligereja Indonesia) dengan mandat sebagai pusat koordinasi, fasilitasi dan animasi Gereja Katolik di Indonesia dalam menjalankan misi kemanusiaan, terlebih untuk membantu para korban bencana alam maupun bencana yang disebabkan oleh tindakan manusia. Caritas Indonesia mengembangkan kerjasama lintas komisi di KWI dan lembaga Gerejawi lainnya dalam isu-isu pelanggaran hak asasi manusia, konflik dan kekerasan sosial, dialog antar-agama dalam aksi kemanusiaan, ketidakadilan gender dan berbagai tindak ketidakadilan sosial. Selain itu, Caritas Indonesia juga berperan dalam terbentuknya Keluarga Humanitarian Forum Indonesia (HFI) yang merupakan wadah lembaga kemanusiaan berbasis agama, menjalin relasi dan kerjasama dengan BNPB serta lembaga Pemerintah maupun non-Pemerintah lainnya.

Narahubung: Dhion Gumilang

Telp: +628119951258

Email: comm@karina.or.id

Foto

  1. Logistik Pos Layanan Caritas
  2. Kerusakan Area Pemukiman
  3. Ruang Pastoran Gereja
  4. Dapur Umum Pos Layanan Caritas
  5. Toko bangunan roboh
  6. Rumah warga terkena dampak gempa
Bencana Alam, Sulawesi Barat, Gempa Bumi, Belarasa, Jaringan Caritas, Caritas Indonesia, Komsos KWI, Gereja Katolik Indonesia, Katolik, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI
Photo: Caritas Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bencana Alam, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Banjir, Gempa Bumi, Belarasa, Jaringan Caritas, Caritas Indonesia, Komsos KWI, Gereja Katolik Indonesia, Katolik, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close