KATEKESETeladan Kita
Trending

Santa Veridiana : 01 Februari

Verdiana

VERIDIANA Lahir di Castelfiorentino Tuscany Italia, dalam keluarga bangsawan. Sejak kecil ia sudah memperlihatkan wataknya yang murah hati dan penuh kepedulian terhadap sesama. Namun Veridiana baru sungguh-sungguh menjawab panggilan untuk menjalani hidup religius setelah ia beranjak dewasa.

Saat berusia 26 tahun, Veridiana berziarah ke Kathedral Santiago de Compostela di Spanyol. Perjalanan ini menempuh rute ziarah yang dikenal sejak abad pertengahan sebagai rute Ziarah “Camino de Santiago” atau rute “Way of Saint James” (Latin : Peregrinatio Compostellana) dan membawa berkah spiritual yang luar biasa bagi Veridiana.

Setiap hari banyak orang yang datang mengunjungi pertapaan santa Veridiana. Dari sebuah jendela kecil, Veridiana akan berbicara kepada mereka dan menerima sedekah makanan yang mereka berikan. Banyak mujizat penyembuhan dilaporkan terjadi pada para pengunjung yang berdoa bersamanya. Hal ini membuat jumlah pengunjung yang datang semakin bertambah banyak.

a bencana kelaparan melanda Castelfiorentino, seorang paman santa Veridiana sama sekali tidak tergerak untuk membantu penduduk yang kelaparan. Malah, sang paman menjual kacang polong hasil panen keluarga mereka dengan harga yang tinggi. Ketika sang pembeli hendak mengambil bahan makanan tersebut, mereka terkejut melihat gudang penyimpanan yang telah kosong. Santa Veridiana telah membagikan semuanya kepada para penduduk yang menderita. Sang paman lalu meminta waktu 24 jam untuk menyediakan gantinya, lalu dengan marah menuntut pertanggung-jawaban Veridiana. Keesokan harinya, pada waktu yang telah ditentukan, sang paman dan si pembeli tercengang mendapati gudang makanan telah penuh kembali dengan kacang polong.

Santa Veridiana tutup usia di pertapaannya pada tahun 1242. Jiwanya yang kudus meninggalkan raganya dikala ia tengah tenggelam dalam doa hariannya. Sebuah tradisi lokal menyebutkan bahwa saat santa Veridiana meninggalkan dunia ini, lonceng-lonceng gereja diseluruh Castelfiorentino secara ajaib berdentang dengan sendirinya seakan mengiringi kembalinya jiwa suci Veridiana ke Rumah Bapa.

Baca selengkapnya: katakombe.org

Inspirasimu: Santo Yohanes Bosco : 31 Januari

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close