BERITA
Trending

Intensi Doa Paus untuk Bulan Maret: Sakramen Tobat

MIRIFICA.NET – Intensi doa Paus Fransiskus untuk bulan Maret berusaha untuk memfokuskan pada sukacita yang dibawa Sakramen Tobat dan mengingatkan kita bahwa hal itu merupakan pertemuan yang penuh kasih dan penuh belas kasihan antara kita dan Tuhan.

Video Paus untuk bulan Maret telah diterbitkan, dengan maksud doa yang dipercayakan Paus Fransiskus kepada seluruh Gereja Katolik melalui Jaringan Doa Sedunia Paus.

Video itu merupakan pesan yang penuh harapan, di mana Dia mengundang kita untuk menemukan kembali kekuatan pembaruan pribadi yang dimiliki Sakramen Tobat dalam hidup kita. “Mari kita berdoa agar kita dapat mengalami Sakramen Rekonsiliasi dengan kedalaman yang diperbarui, untuk merasakan pengampunan dan belas kasihan Tuhan yang tak terbatas,” kata Paus Fransiskus.

Video bulan ini dibuka dengan Paus sendiri yang akan mengaku dosa, “untuk disembuhkan, untuk menyembuhkan jiwaku.”
“Yesus menunggu kita, mendengarkan kita dan mengampuni kita”
“Di dalam hati Tuhan, kita datang sebelum kesalahan kita,” kata Bapa Suci dalam Video Paus, menyoroti sekali lagi kekuatan kasih Tuhan atas keberadaan dan tindakan kita.
Menerima Sakramen ini bukanlah masalah berdiri di hadapan hakim, tetapi pergi ke perjumpaan yang penuh kasih dengan Bapa yang menerima kita dan selalu mengampuni kita.

“Pusat pengakuan bukanlah dosa yang kita nyatakan, tetapi cinta ilahi yang kita terima, yang selalu kita butuhkan,” tambah Paus. Dan cinta ini datang di atas segalanya, sebelum kesalahan kita, aturan, penilaian dan kegagalan kita.

Imam yang Penyayang

Pater Fréderic Fornos SJ, Direktur Internasional Jaringan Doa Sedunia Paus, menunjuk pada kata-kata terakhir Paus Fransiskus dalam video tersebut, “Mari kita berdoa agar Tuhan memberikan Gereja-Nya kepada para imam yang berbelaskasihan dan bukan penyiksa.”

Dan dia menambahkan, “Ini bukan pertama kalinya Paus berdoa untuk rahmat ini. Sebagai gembala yang baik, dia tahu penderitaan orang-orang, dosa-dosa mereka, dan kebutuhan mereka untuk bertemu dengan ‘pelayan belas kasihan’. Ini adalah waktu belas kasih. Dalam surat apostolik Misericordia et misera, di akhir Jubileum Belas Kasih Luar Biasa, ia mengundang para imam untuk menjadi seperti Yesus, penuh kasih sayang dan kesabaran. Itulah jalan pertobatan bagi setiap imam, menjadi ‘saksi kelembutan kebapakan,’ berpandangan jauh ke depan dalam membedakan dan murah hati dalam membagikan pengampunan Tuhan. ‘Dia meminta agar hati mereka dekat dengan hati Yesus, dan itu anugerah.”

Dalam Angelus pada 14 Februari yang lalu, Bapa Suci meminta agar kita berterima kasih dan menghormati para bapa pengakuan yang berbelas kasih. Tuhan tidak pernah lelah untuk mengampuni. Marilah kita berdoa, “agar kita dapat mengalami Sakramen Tobat dengan kedalaman yang diperbarui, untuk merasakan pengampunan dan belas kasihan Allah yang tak terbatas.”

Teks lengkap dari Intensi doa Paus Fransiskus untuk bulan Maret:

SAKRAMEN REKONSILIASI

Ketika saya mengaku dosa, itu untuk disembuhkan, untuk menyembuhkan jiwa saya.
Untuk pergi dengan kesehatan spiritual yang lebih baik. Untuk beralih dari kesengsaraan ke belas kasihan.
Pusat pengakuan bukanlah dosa yang kita nyatakan, tetapi kasih ilahi yang kita terima, yang selalu kita butuhkan.

Pusat pengakuan adalah Yesus yang menunggu kita, yang mendengarkan kita dan mengampuni kita.
Ingat ini: Di dalam hati Tuhan, kita datang sebelum kesalahan kita.

Dan marilah kita berdoa agar kita dapat mengalami Sakramen Tobat dengan kedalaman yang diperbarui, untuk merasakan pengampunan dan belas kasihan Allah yang tak terbatas. Dan mari kita berdoa agar Tuhan memberikan Gereja-Nya para imam yang penuh belas kasihan dan bukan penyiksa. **

(Vaticannews.va, terjemahan RP. Frans de Sales SCJ)

Sumber artikel : Pope’s prayer intention for March: The sacrament of reconciliation

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close