KATEKESETeladan Kita
Trending

Santo Adrianus dari Nikomedia : 04 Maret

ADRIANUS adalah seorang perwira tentara Romawi yang menjadi martir Kristus pada masa penganiayaan kaisar Galerius Maximianus (286-305). Pada masa itu tentara Romawi sering diperintahkan mengejar dan menangkapi orang Kristen. Santa Natalia isterinya saat itu sudah dibabtis, namun Adrianus masih seorang katekumen.
Suatu ketika Adrianus diperintahkan untuk memimpin anak buahnya melakukan penangkapan dan penganiayaan terhadap umat Kristen. Walau masih katekumen, namun dengan berani Adrianus menolak perintah tersebut. Karena itu ia ditangkap dan digiring ke dalam penjara.

Atas upaya isterinya santa Natalia, Adrianus tetap dapat menerima pelajaran agama dan dibaptis dalam penjara. Bahkan ketika ia tidak lagi diperbolehkan mengunjungi suaminya; Natalia menyamar sebagai seorang pemuda dan berhasil menemui Adrianus di penjara. Saat itu Natalia meminta agar nanti setelah berada di surga, Adrianus tidak lupa untuk mendoakannya.

Santo Adrianus bersama para martir Kristen (yang namanya tidak tercatat) lalu dihukum mati. Mereka dipenggal lalu tubuh mereka dicincang dan dilemparkan ketengah gulungan api. Api kemudian padam karena sekonyong-konyong turun hujan lebat. Orang Kristen mengumpulkan sisa-sisa jenazah para pahlawan iman ini lalu menguburkannya didekat Argypolis, dipantai Bosporus (sekarang wilayah Turki).

Natalia menyimpan relikwi berupa sepotong tangan suaminya. Dan sejak itu ia memutuskan untuk hidup tidak jauh dari makam suaminya. Ketika Natalia tutup usia, ia pun dikuburkan di samping makam suaminya.

Sumber: katakombe.org
Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Check Also

Close
instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close