BERITA
Trending

Mgr. Fransiskus Tuaman Sasfo Sinaga: Uskup Baru Sibolga

MIRIFICA.NET – Umat Keuskupan Sibolga menyambut dengan penuh syukur dan sukacita Jawaban Tuhan atas doa-doa mereka untuk mendapatkan uskup baru. Bulettin terbitan Kantor Berita Tahta Suci Vatikan, di bawah judul Rinunce e Nomine, tanggal 6 Maret 2021 menyebut: Nomina del Vescovo di Sibolga (Indonesia) (Penunjukkan Uskup di Sibolga): Il Santo Padre ha nominato Vescovo della Diocesi di Sibolga (Indonesia), il Rev.do Fransiskus Tuaman Sinaga.- Bapa suci telah menunjuk uskup Keuskupan Sibolga, Pastor Fransiskus Tuaman Sinaga.

Berita suka cita ini disampaikan secara serentak di Gereja Katedral St. Theresia Lisieux Sibolga oleh Sekretaris Keuskupan RD. Blasius S. Yesse dan di Gereja Santa Maria Bunda Segala Bangsa Gunungsitoli oleh Administrator Diosesan RP.Charles Sebastian Sihombing, OFMCap di Keuskupan Sibolga dalam Ibadah Sore dan Adorasi Sakramen Mahakudus, Sabtu, 6 Maret 2021 (Mulai Pukul 17.45 WIB).

Berikut ini transkrip pengumuman di Gereja Katedral Sibolga yang disiarkan secara langsung oleh Komisi Komsos Keuskupan Sibolga. (https://youtu.be/_VJMaMuKgpY)

Sapaan Sekretaris Keuskupan: RD. Blasius S. Yesse:

Rekan-rekan imam biarawan-biarawati dan umat beriman di seluruh Uskup Sibolga yang saya kasihi dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus. Bagi kita sekalian yang berkesempatan hadir di gereja ini, maupun saudara-saudari yang mengikuti peribadatan/ ibadah sore dan adorasi sakramen mahakudus ini melalui media sosial YouTube atau Facebook dari Komsos Keuskupan Sibolga. Terima kasih banyak atas kehadiran dan partisipasi saudara-saudari dalam ibadah Sore dan adorasi sakramen mahakudus ini. Di antara kita barangkali ada yang bertanya-tanya. Mengapa sore ini kita mengadakan ibadat bersama di tempat ini. Beberapa orang sekurang-kurangnya melalui aplikasi Whatsapp menanyakan kepada saya dan sekarang Saya hendak menjawab pertanyaan yang muncul di pikiran saudara-saudari.

Para saudari dan saudara terkasih dalam Kristus, sejak Bapa Uskup almarhum Mgr. Ludovicus Simanullang OFM.Cap, meninggal dunia pada 20 September 2018 yang lalu, penggembalaan keuskupan kita kita dipercayakan untuk sementara waktu kepada dua administrator secara berturut-turut. Pertama administrator apostoilik, almarhum monsigneur Anicetus Bongsu Sinaga yang telah mengakhiri peziarahannya di dunia ini pada 7 November 2020 yang lalu, kemudian kedua administrator dioesesan sekarang ini Pater Sebastian Sihombing OFMCap.

Dalam peziarahan di bawah kepemimpinan dua administrator ini, kita tetap menunggu kehadiran uskup definitif untuk Keuskupan Sibolga yang kita cintai ini, kita menunggu sambil berdoa-ada barangkali yang sudah tidak sabar lagi terlama menunggu Tak mau lagi mendoakannya-. Hari ini saya akan membacakan berita berupa jawaban Bapa Suci Paus Fransiskus atas Penantian kita itu.

Saudara-saudari terkasih, ketika berita ini sampai ke Keuskupan Sibolga, pater administrator diosesan kebetulan sedang berada di Nias-mungkin minggu depan baru beliau pulang- Oleh karena itu beliau ditugasi oleh Bapak Nuntius, duta besar Vatikan untuk Indonesia Uskup Agung Mgr. Pierro Pioppo untuk menyampaikan berita dari Vatikan di gereja Santa Maria bunda para bangsa Gunungsitoli-juga sore ini pada jam yang sama dan saya ditugasi oleh Bapak Nuntius untuk menyampaikan berita yang sama, di sini Gereja Katedral Santa Theresia Liseux, Sibolga.

Untuk itu saya membacakan surat dari Bapak Nuntius.

Surat Nuntius Kepada Sekretaris Keuskupan

Dalam rahasia kepausan, Jakarta 1 Maret 2021, Nomor 2215 / 2021

Romo Jesse,  yang terkasih,

Melalui surat ini saya hendak menyampaikan kepada anda dan juga kepada semua anggota Keuskupan Sibolga yang terhormat, rasa syukur dan apresiasi mendalam bagi semangat dan komitmen murah hati dalam pelaksanaan tugas dan kewajiban anda pertama dalam menolong almarhum mgr. Anicetus Bongsu Sinaga yang terkasih dalam tugasnya sebagai administrator Apostolik dan selanjutnya dalam menolong Pater Charles Sebastian Sihombing, OFMCap sebagai Administrator Keuskupan. Kini sukacita saya semakin mendalam selagi saya berkewajiban untuk mengumumkan bahwa bapa suci mengangkat Romo Fransiskus Tuaman Sinaga, yang saat menjabat sebagai Rektor STP Dian Mandala Gunung Sitoli Nias, sebagai Uskup Sibolga yang baru. Berita yang bahagia ini akan diterbitkan di Roma dan juga di seluruh dunia pada hari Sabtu 6 Maret jam 12 waktu Roma jam 18 waktu Jakarta dan SIbolga.

Anda dapat menemukan Curriculum Vitae Rm.Franiskus Tuaman Sinaga dalam lampiran surat ini.

Seraya menyampaikan keputusan kepausan ini, saya minta anda memberitahukan hal ini kepada para imam biarawan dan biarawati dan umat awam yang berkumpul di Katedral Sibolga  dan meminta mereka untuk menerima, menghormati dan menolong dan berdoa bagi Uskup baru yang selama bertahun-tahun telah memperlihatkan kasih mendalam  bagi gereja lokal, para imam biarawan biarawati dan juga semua rekan kerja dalam melayani Kerajaan Allah yang tinggal di Tapanuli dan Nias.

Atas perhatian dan pelayanan Anda yang berharga, Saya mengucapkan terima kasih

salam damai dalam Kristus

Uskup Agung Mgr. Pierro Pioppo

Nuntius Apostolik  

Sesudah membaca surat Nuntius, Sekretaris melanjutkan dengan membaca Curriculum Vitae Mgr. Fransiskus Sinaga dan menutupnya dengan harapan bagi seluruh umat Keuskupan Sibolga.

Harapan dan Pengumuman:

Saudara-saudara yang terkasih, Marilah Kita menyambut, mendukung dan mendoakan Bapak Uskup terpilih ini agar beliau dapat mengemban tugas penggembalaan dengan baik dalam semangat cinta dan kebijaksanaan. Kita berjalan bersamanya sekaligus digembalakannya. Marilah kita juga mendoakan Keuskupan kita yang tiada lain kita sendiri baik sebagai Imam, biarawan-biarawati maupun umat beriman keuskupan Sibolga yang kita cintai ini.

Perihal rencana mengenai waktu dan tempat perayaan tahbisan episkopal untuk Uskup yang baru dan hal-hal lain yang perayaan itu akan kami informasikan secepatnya.

Banyak Selamat untuk Para imam, biarawan-biarawati, dan seluruh umat Keuskupan Sibolga atas uskup yang baru. (RD Anthonius Steven Lalu ; RD Posma Manalu)

Curriculum Vitae  Mgr. Fransiskus Sinaga

Mgr. Fransiskus lahir sebagai anak ke-7 dari 10 bersaudara dari pasangan keluarga Gultom Sinaga dan Remsina Simbolon. Motto tahbisan Imamatnya adalah kepadamu Ya Tuhan Kupersembahkan Syukurku.

Tempat tanggal lahir, penggalangan 22 November 1972. Asal Paroki Stasi Penggalangan, Paroki Santo Yoseph Tebingtinggi Keuskupan Agung Medan.

Pendidikan

  • 1980 -1986 Sekolah Dasar di SD Negeri Penggalangan
  • 1986-1989 Sekolah Menengah Pertama SMP Negeri 2 Mangga Dua
  • 1989-1992 Sekolah Menengah Atas SMA Katolik Cinta Kasih Tebing Tinggi
  • 1992-1993 retorika Seminari Menengah Christus Sacerdos, Pematangsiantar
  • 1993-1994 Tahun Orientasi Rohani, Sinaksak, Pematangsiantar
  • 1994-1999 belajar di fakultas filsafat STFT Santo Yohanes Pematangsiantar
  • 1999-2000 menjalani masa Tahun Orientasi Pastoral di Paroki Salib Suci Sirombu Nias Barat, Keuskupan Sibolga.
  • 2000-2002 Pendidikan Teologi  di STFT Santo Yohanes Pematangsiantar
  • Tahbisan Karya dan Studi Lanjut
  • 9 Juli 2002 menerima tahbisan diakonat di Paroki Santo Fransiskus Asisi Panggaribuan Keuskupan Sibolga.
  • 2002-2003 menjalani Masa diakonat di Paroki Santa Maria Bunda para bangsa gunungsitoli-Nias Keuskupan Sibolga.
  • 14 Februari 2003 tahbisan Imam di gereja Kristus Raja Semesta Alam Sarudik, Katedral Sibolga
  • 2003-2005 sebagai pastor rekan di Paroki Santa Maria Bunda para bangsa Gunungsitoli Nias
  • 2005-2007 sebagai formator di Seminari menengah Santo Petrus Aektolang.
  • 2007-2009 studi lanjut teologi moral di Pontificia Universita Urbaniana Roma
  • 2009-2013 Pastor Paroki di Paroki Santa Maria Bunda para bangsa Gunungsitoli Nias
  • 2014  Tahun Sabatikal di ICLA  Manila Filipina
  • 2015-2021 Rektor dan Dosen STP Dian Mandala.
Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close