KATEKESETeladan Kita
Trending

Santa Katarina dari swedia : 24 Maret

KATARINA dari Swedia adalah puteri Santa Brigita dari Swedia. Ia lahir di Ulfasa, Swedia pada tahun 1331 dan adalah anak keempat dari delapan bersaudara putera-puteri Santa Brigita dan Ulf Gudmarsson. Ketika berumur 13 tahun, ia telah menikah dengan Eggard van Kyren, seorang pemuda bangsawan Jerman. Meskipun demikian ia tetap tertarik dengan kehidupan membiara yang telah menjadi cita- citanya semenjak kecil.

Setelah suaminya meninggal dunia, Katarina pergi ke Roma untuk mengunjungi ibunya Brigita yang sudah lama berkarya disana. Pertemuan dengan ibunya mengobarkan lagi panggilan hidup membiara yang dicita-citakannya. Ia memutuskan untuk menjadi seorang biarawati dan menggabungkan diri dalam biara yang didirikan ibunya. Selama 25 tahun kemudian ia tinggal di Roma membantu ibunya untuk melaksanakan karya- karya cinta kasih dari biara mereka.

Pada tahun 1374, setahun setelah ibunya wafat, Katarina kembali ke Swedia dan berkarya di Vadstena sebagai pemimpin biara yang didirikan ibunya. (Saat ini dikenal dengan nama The Bridgettine Order atau The Brigittine Order. Nama resminya adalah : Order of the Most Holy Savior, disingkat : O.Ss.S). Ia juga membawa jasad ibunya untuk dimakamkan di biara induk Brigitine di Vadstena.

Tahun berikutnya ia kembali lagi ke Roma. Ia berkarya disana selama lima tahun sampai waktu kanonisasi ibunya. Setelah itu ia kembali ke Vadstena dan tinggal disana sampai ia tutup usia pada tanggal 24 Maret 1381.

Ia digelari Kudus pada tahun 1484 oleh Paus Innocentius VIII (1484- 1492).

Sumber: katakombe.org
Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close