BERITA
Trending

Gubernur Khofifah dan Walikota Ery Cahyadi Kunjungi Katedral Surabaya

Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersama Walikota Surabaya Ery Cahyadi serta jajaran Forkopimda Jatim, diantaranya Kapolda Jatim Nico Arfinta, Irdam V Brawijaya Arie Subekti, dan Plh. Sekdaprov Heru Tjahjono meninjau persiapan Paskah di Katedral Hati Kudus Yesus (HKY), Jl. Polisi Istimewa pada hari Jumat, 2 April 2021. Rombongan tiba pukul 10.30 WIB dan diterima Vikaris Jenderal Keuskupan Surabaya RD. Yosef Eko Budi Susilo dan Kepala Paroki Hati Kudus Yesus RD. Yuventius Fusi Nusantoro.

Beberapa agenda kedatangan diantaranya adalah memantau pengamanan gabungan dan protokol kesehatan selama rangkaian kegiatan hingga Paskah di HKY, serta menyerahkan bantuan sosial untuk penanganan Covid-19. Bantuan yang diberikan berupa masker, face shield, hand sanitizer, thermometer gun, alat rapid test, alat swab antigen, desinfektan, vitamin, dan sembako.

Saat jajaran Forkopimda Jatim dan awak media meninjau bagian dalam gereja, Romo Fusi menjelaskan bahwa pelaksanaan ibadat disertai protokol kesehatan yang ketat. “Kapasitas tempat duduk di dalam ruangan seharusnya untuk 800 orang. Tapi selama masa pandemi hanya diisi tidak sampai 200 orang,” lanjutnya.

Terkait dengan adanya teror bom bunuh diri di Katedral Makassar pada hari Minggu lalu (28 Maret 2021), pengamanan dan ketertiban ditingkatkan dengan melibatkan berbagai unsur, mulai Densus 88, Brimob, Gegana, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Linmas, dan Pramuka. Pada halaman gereja, tampak siaga tank milik TNI.

Dalam sambutan singkatnya, Gubernur Khofifah berharap rangkaian kegiatan Paskah berjalan dengan baik, aman, dan disertai protokol kesehatan secara ketat. “Kami yakin masyarakat Jatim menghormati proses ibadah Paskah. Saling menghargai dan melindungi satu sama lain,” tegas  Khofifah.

Atas bantuan dari Pemprov Jatim, Romo Eko mengucapkan terima kasih dan akan menindaklanjutinya dengan membagikan bantuan tersebut pada paroki-paroki lain di kota Surabaya.

Doc: Komsos Surabaya

 

Dalam Press Release, Romo Fusi menyatakan bahwa rangkaian perayaan Paskah kali ini dilaksanakan dengan suasana khidmat dan waspada. Khidmat karena ini adalah puncak perayaan iman Umat Kristiani. Waspada karena rangkaian perayaan iman dilaksanakan di tengah keprihatinan situasi pandemi Covid-19 yang belum usai, serta keprihatinan atas tindakan terorisme dan radikalisme di tengah bangsa Indonesia yang sedang membangun kesehatan masyarakat dan perekonomian yang terpuruk karena pandemi

Kunjungan Gubernur dan Walikota berakhir sekitar jam 11.30 WIB karena rombongan Forkopimda akan melanjutkan kunjungannya ke Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel, Malang.

Kedatangan beserta jajarannya ke Katedral HKY kali ini mengingatkan rekan pengurus dan relawan Komisi Komsos Keuskupan Surabaya pada pesan Paus Fransiskus yang disampaikan pertengahan Maret lalu, yaitu “Datang dan Lihatlah. Berkomunikasi dengan Menjumpai Orang Lain Apa Adanya”. Pesan tersebut disampaikan dalam rangka menyambut Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke 55 yang jatuh pada tanggal 16 Mei 2021 mendatang. (Yung Setiadi, Redaktur Majalah Jubileum. Warta Pastoral Keuskupan Surabaya)

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close