KATEKESETeladan Kita
Trending

Santa Magdalena de Canossa : 10 April

MADDALENA Gabriella dei marchesi di Canossa (Magdalena dari Canossa) lahir pada tanggal 1 Maret 1774 di Verona, Italia. Ia adalah puteri dari pasangan, Marquis Ottavio Di Canossa dan Teresa Szluha. Ayahnya adalah seorang bangsawan terhormat “Di Canossa” dari Verona dan ibunya juga seorang Countess (puteri bangsawan) dari Hungaria. Sebagai seorang puteri bangsawan, Magdalena kecil hidup dalam segala kemewahan dan kemuliaan duniawi, namun Tuhan ternyata memiliki rencana yang indah bagi bunga kecil dari Verona ini.

Pada tahun 1831 Magdalena mendirikan Konggregasi imam Canossian (Canossian Sons of Charity, atau dalam bahasa Italia: Figli della Carità Canossiani, disingkat: FdCC). Saat ini diperkirakan terdapat sekitar 200 orang imam dan Bruder yang mendedikasikan hidupnya untuk pendidikan anak-anak dan remaja melalui katekese di sekolah, panti asuhan, oratorium dan karya-karya amal lainnya. Para imam Canossian berkarya di Italia, Brasil, Kenya, Tanzania, India dan Filipina.

Konggregassi suster ini berkembang dengan sangat pesat. Dengan hanya memiliki 3 orang anggota saat didirikan pada tahun 1808, kini telah terdapat lebih dari 2.700 orang suster Canossian yang berkarya di 32 negara di seluruh dunia. Karya utama para suster Putri-putri Cinta Kasih ini adalah dalam bidang pendidikan, katekese, dan perawatan orang sakit. Biara induk Canossian saat ini berada di kota Roma, Italia.

Santa Magdalena Canossa wafat pada tanggal 10 April 1835. Atas karya cinta kasih dan pelayanannya yang luar biasa kepada masyarakat miskin, serta berdasarkan penyelidikan mendalam terhadap beberapa mujzat yang terjadi melalui perantaarannya, Magdalena di Beatifikasi pada tanggal 7 Desember 1941 oleh Paus Pius XII dan di Kanonisasi oleh Paus Yohanes Paulus II pada tanggal 2 Oktober 1988.

Baca selengkapnya: katakombe.org

Inspirasimu: Santa Waltrudis : 09 April

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close