BERITA
Trending

Paus Fransiskus Angkat Uskup Agung Palembang dan Tunjuk Uskup Padang

MIRIFICA.NET –  Bulletin Vatikan tanggal 3 Juli 2021, di bawah judul “Rinunce e Nomine” (Pengunduran diri dan Pengangkatan) mengumumkan sebuah berita gembira bagi Gereja Indonesia: Bapa suci telah menerima permohonan pengunduran diri Mgr. Aloysius Sudarso SCJ, dari pelayanan pastoralnya di Keuskuan Agung Metropolit Palembang. Dan pada waktu yang sama mengangkat Mgr. Yohanes Harun Yuwono, yang saat ini merupakan Uskup TanjungKarang, sebagai Uskup Agung Palembang.

Di Palembang, berita penerimaan permohonan pengunduran diri karena usia dan pengangkatan Mgr Harun ini dibacakan langsung oleh Mgr. Sudarso, videonya dapat dilihat melalui akun Youtube  Komsos Kapal ( https://youtu.be/hBufvX809vo ) .

Buletin yang sama memberitakan juga, Bapa Suci mengangkat RP.VITUS RUBIANTO SOLICHIN, SX, anggota Serikat Santo Fransiskus Xaverius untuk Misi Asing (Xaverian),  dosen seminari tinggi dan Rektor Skolastikat Filosofan di Jakarta.

Berita gembira ini diumumkan pula oleh Administrator Keuskupan Padang, P.Alexander Irwan Suwandi, yang membacakan surat duta besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Pierro Pioppo tentang berita pengangkatan ini. Selengkapnya dapat diikuti di akun Youtube Komsos Keuskupan Padang ( https://youtu.be/HLkHwycPtnA ).

Informasi Singkat tentang Uskup terpilih Mgr. Vitus Rubianto Solichin, SX

Mgr. Vitus Rubianto Solichin, S.X., lahir 15 November 1968 (52 tahun 7 bulan) di Semarang, Jawa Tengah. Belajar di Seminari Menengah Santo Petrus Kanisius Mertoyudan, Semarang, kemudian bergabung dengan Serikat Santo Fransiskus Xaverius untuk Misi Asing (Xaverian). Dan melanjutkan studi Filsafat di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta, dan studi Teologi di Fakultas Teologi Kepausan Wedabhakti, Yogyakarta. Ia mengucapkan kaul religiusnya di Kongregasi Xaverian 18 Maret 1996 dan ditahbiskan menjadi imam tanggal 7 Juli 1997.

Sesudah tahbisan imam, Mgr.Vitus, belajar di Institut Kepausan Kitab Suci di Roma dan meraih gelar Licenciat Kitab Suci (1997-2001), Kembali ke tanah air, menjadi pengajar Kitab Suci di Sekolah Tinggi Filsafat Driyakara Jakarta dan Seminari Tinggi Bandung (2001-2007). Pada tahun 2007, ia Kembali lagi ke Roma untuk belajar Teologi Biblis di Universitas Kepausan Gregoriana Roma sampai tahun 2012.

Sesudah belajar Teologi Biblis, mgr. yang ditahbiskan daikon di Padang ini, Kembali ke tanah air dan Sejak tahun 2013 menjabat sebagai pengajar dan Wakil Ketua Bidang Akademik di Driyarkara Jakarta, dan anggota Tim Pembina Kongregasi Xaverian dan Dewan Provinsi Xaverian Indonesia; sejak 2015 hingga saat ini menjadi Rektor  Skolastikat Filosofan di Jakarta, dan sejak 2018, sebagai Ketua Asosiasi Para Ahli Kitab Suci Indonesia.

Hal-hal mengenai waktu dan tempat untuk upacara tahbisan akan diumumkan kemudian oleh pihak Keuskupan Padang.

Terima Kasih Mgr. Aloysius Soedarso, SCJ.

Selamat Berkarya Mgr. Harun Yuwono dan Uskup terpilih Mgr.Vitus Rubianto, SX.

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close