BERITA

Provinsial SVD Ende : Mari Memetik Nilai Hidup dari Para Yubilaris

HUT ke-146 Kongregasi SVD Ende dan ke-84 Komunitas Seminari Tinggi Ledalero

MIRIFICA.NET – Provinsial Kongregasi Serikat Sabda Allah (SVD) Ende, Pater Lukas Jua SVD mengajak Komunitas Seminari Tinggi Ledalero memetik nilai hidup dari para pastor dan bruder Kongregasi SVD Ende yang merayakan pesta imamat dan hidup membiara.

“Selamat atas perayaan yubileum yang dirayakan oleh para saudara kita. Mereka sudah bekerja dengan baik, melayani Tuhan dan sesama, tekun dengan panggilan dan menghasilkan buah. Ada yang 25 kali lipat, 40 kali lipat, 50 kali lipat, 70 kali lipat, dan kita harapkan bisa sampai 100 kali lipat. Kita mesti memetik nilai bagi hidup misi serikat kita,”ujar Pater Lukas dalam sambutannya pada ramah tamah perayaan ulang tahun ke-84 Komunitas Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero dan ulang tahun ke-146 Kongregasi SVD serta pesta yubileum para Romo dan Bruder Kongregasi SVD Ende di Aula Santo Thomas, Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero, Nusa Tenggara Timur, Rabu (8/9/2021).

Meski hidup terbagi dalam unit-unit, Pronvinsial mengajak agar seluruh komunitas tetap solid dan menjaga persaudaraan satu sama lain. Seminari Tinggi Ledalero, kata Lukas, merupakan komunitas terbesar dalam Provinsi SVD Ende. Sementara Provinsi SVD Ende sendiri merupakan provinsi dengan anggota terbanyak dibanding Provinsi SVD lain di dunia. Karena itu, Pater Lukas mengharap agar para anggota memberikan sumbangan pemikiran dan gebrakan di bidang misi dan partisipasi akademik internasional dari rumah misi ini. “Singkatnya, bagaimana kita mesti memberi makna pada perayaan 150 tahun kehadiran SVD di dunia beberapa tahun lagi,”ujar Lukas.

Mereka yang berpesta ini antara lain, P. Ignasius Ledot SVD dan P. Bernardus Subang Hayong SVD yang merayakan perak kaul kebiaraan;. Br. Hilarius Embu SVD, P. Andreas Sau Tefa SVD dan P. Bernardus Raho SVD yang merayakan pancawindu kaul kebiaraan. P. Yosef Lagaribu de Ornay SVD yang merayakan emas kaul kebiaraan. P. Mikhael de Fretes SVD yang merayakan pancawindu Imamat. Lalu, P. Yohanes Hambur SVD, P. Anton Kappler SVD, P. Hans Gunther Weritz SVD dan Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira SVD yang merayakan emas imamat, dan P. Alexander Beding SVD yang merayakan 70 tahun imamat.

Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira, SVD saat acara santap siang bersama. Foto : Fr Kris Ibu

Dirayakan dalam Ekaristi
Sebelumnya perayaan yubileum sekaligus ulang tahun kongregasi dan komunitas ini dirayakan dalam sebuah Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh salah satu yubilaris, yakni Pater Mikahel de Fretes SVD.

Dalam pengantarnya di awal Ekaristi, Mikahel menyatakan, panggilan Maria adalah panggilan untuk semua orang bukan untuk dirinya sendiri. Karena itu, semua umat khususnya para Imam, Bruder dan Frater harus menyadari diri sebagai kaum terpanggil. “Semua anggota SVD dipanggil untuk semua orang. Misi untuk semua orang niscaya akan diberkati Allah”, tegas pater Mikhael.

Pada pesta kelahiran Santa Perawan Maria ini, Mikhael menyebutkan bahwa Maria telah dipilih Allah sejak kelahirannya. “Maria dipilih Allah untuk melahirkan Penyelamat, perantara Allah dengan manusia,”ujar Mikhael.

Kontributor : Fr. Febri Suryanto SVD dan Fr. Kris Ibu SVD

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close