BERITA

500 Anggota Komunitas Kerahiman Ilahi 24 Jam Berdoa Bersama Tuhan

MIRIFICA.NET – 500 anggota Komunitas Kerahiman Ilahi ( KKI ) Keuskupan Agung Jakarta berdoa bersama selama 24 jam dalam kegiatan bertajuk “Doa 24 Jam Bersama Tuhan” yang diadakan secara livestreaming melalui piranti zoom mulai Senin, 30 Agustus, pukul 15.00 hingga Selasa 31 Agustus pukul 15.00 WIB.

Kegiatan doa dipusatkan di Kapel Santa Faustina di Gereja Stella Maris, Paroki Pluit tempat relikwi Santa Faustina disimpan. Peserta bukan hanya umat katolik dari Jakarta tapi juga dari daerah lain seperti Papua, bahkan juga dari luar negeri, Australia.

“Doa 24 jam ini didasari oleh seruan Paus Fransiskus agar umat Kristiani terus bersatu dalam doa sesuai catatan Santa Faustina, tertulis dalam buku hariannya yakni bersama dengan teman-temanmu, engkau harus memohon kerahiman bagi dirimu sendiri dan dunia (BHSF#435),”ujar Ketua KKI-Keuskupan Agung Jakarta, Estherina Djaja dalam pengantarnya, Senin (30/08/2021).

Estherina menyebutkan, momen doa 24 jam untuk Tuhan ini merupakan kelanjutan dari seminar kerahiman yang sudah diadakan pada tanggal 21 Agustus 2021. Katanya, masa pandemi menjadi saat untuk memproses diri sendiri agar semakin menyadari bahwa tidak ada seorangpun yang tidak dikasihi Tuhan. “Belas kasihNya tidak pernah berhenti, tinggal bagaimana respons kita menanggapi ajakan Tuhan untuk lebih mendekat kepadaNya dan bertekun dalam doa,”ujar Estherina.

Selama 24 jam doa ini, Estherina mengajak para anggota KKI untuk mengurangi aktivitas duniawi, fokus pada Tuhan, mendengarkan suara Tuhan, dan mohon ampun atas dosa-dosa.

“Sadari bahwa Allah hadir dalam setiap pribadi yang ada di sekitar kita. Persembahkan 24 jam ini untuk kemuliaan Tuhan. Memohon kepada Tuhan agar pandemi segera berakhir, mohon kesembuhan bagi yang sakit, dan mohon agar Tuhan mengampuni dosa-dosa semua orang yang meninggal karena Covid-19,”ujar Estherina.

Tiga Bagian Penting
Ada tiga bagian penting dalam rangkaian acara doa 24 jam ini. Bagian pertama sebagai pembukaan dilakukan dengan mendaraskan doa koronka pada jam kerahiman (pukul 15.00) dan jalan salib singkat virtual yang berpusat di Kapel St. Faustina, Gereja Stella Maris, Paroki Pluit, Jakarta Utara.

Selanjutnya, doa koronka dilakukan secara bersambung secara bergiliran didaraskan oleh para devosan komunitas-komunitas kerahiman Ilahi paroki yang bertugas. Setiap komunitas diberi waktu 30 menit memberi renungan singkat. Dari total 42 komunitas yang ada di Keuskupan Agung Jakarta, hanya 30 komunitas yang bergabung sebagai peserta untuk mendaraskan doa koronka selama 24 jam ini.

Bagian kedua, para anggota melakukan Adorasi Sakramen Mahakudus pada pukul 23.00 WIB atau pukul 08.00 waktu Lithuania – Eropa Utara. Para anggota KKI juga mengikuti livestreaming dari The Holy Trinity Church atau The Divine Mercy Sanctuary di Kota Vilnius tempat dimana lukisan gambar asli Kerahiman Ilahi dibuat oleh Eugene Kazimierowski dan disimpan.

Bagian ketiga dan terakhir, doa 24 jam ditutup pada 31 Agustus 2021 di jam kerahiman pukul 15.00 WIB ( pukul 10.00 waktu Krakow – Polandia ). Para anggota juga mengikuti livestreaming dari Chapel Of The Miraculous Image Of The Merciful Jesus and The Tomb of St Faustina (dikenal dengan St Faustina Chapel atau Kapel Kerahiman Ilahi). Di tempat ini gambar ajaib Yesus yang Maharahim dilukis oleh Adolf Hyla dan terdapat juga makam St Faustina.

Selain kegiatan doa 24 jam ini, dua kegiatan lanjutan yang masih menjadi rangkaian kegiatan komunitas kerahiman adalah Kursus Kerahiman Ilahi dan Ziarah Kerahiman Ilahi secara virtual ke Polandia. Ini merupakan kegiatan napak tilas perjalanan St Faustina dari kota kelahiranya, Glogowiec, Polandia Tengah sampai tempat pemakamannya, Krakow, Polandia. Menurut Estherina, kedua kegiatan ini direncanakan akan diselenggarakan di Bulan Oktober 2021.

Kontributor : Triesly Wigati – KKI St Gabriel Pulogebang

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close