BERITA
Trending

Uskup terpilih Keuskupan Padang: “Kejutan Penuh Sukacita”

MIRIFICA.NET – Terpilihnya Mgr. Vitus Rubianto Solichin, SX, uskup terpilih Keuskupan Padang mengagetkan banyak orang dan bahkan mengagetkan dirinya sendiri. “Inilah kejutan Penuh Sukacita dari Tuhan”, demikian disampaikan Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC, Uskup Bandung, sekaligus Sekretaris Jenderal Konferensi Waligereja Indonesia, saat memberikan homili dalam Ibadat Vesper Agung: pengakuan iman, pengucapan sumpah setia dan pemberkatan Insignia (Perlengkapan rohani Uskup), Rabu, 6 Oktober 2021, di Gereja Katedral St.Theresia Padang. Dengan gayanya yang khas, bapa uskup yang akrab disapa mgr. Anton ini menyatakan “siapa yang akan mengira bahwa frater Vitus yang pada tahun 1993 berpastoral di Siberut dan Diakon Rubianto yang bertahun diakonal di Sikabaluan tahun 1997 ini akan menjadi uskup Padang”. “Itulah Penyelenggaraan Tuhan yang patut kita semua syukuri” tandas mgr. Anton yang didampingi Duta Besar Tahta Suci Vatikan untuk Indonesia Mgr. Piero Pioppo dan Bapa Ignatius Kardinal Suharyo, Uskup Agung Jakarta, sekaligus Ketua KWI.

Gereja Katolik Indonesia, Iman Katolik, Umat Katolik, katekese, Katolik, Kitab Suci, Yesus Juruselamat, Gembala, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Lawan Covid-19, Keuskupan Padang, Mgr. Vitus Rubianto Solichin, S.X. , Uskup Padang
Doc: Komsos Padang/Komsos KWI

Di akhir homilinya, mgr. Anton memberi ucapan selamat kepada uskup terpilih mgr. Vitus Rubianto, SX “Selamat berkarya dengan murah hati dan penuh belas kasih”.  Ucapan selamat ini merupakan sebuah penegasan singkat tentang belaskasih dan kemurahan hati, yang sebelumnya sudah diterangkan mgr. Anton terinspirasi dari motto Mgr. Vitus, Misericordia Motus, tergeraklah hatiNya oleh belas kasihan.

Doc: Komsos Padang/Komsos KWI
Doc: Komsos Padang/Komsos KWI

Ibadah Vesper Agung yang disiarkan streaming oleh Komsos Keuskupan Padang bersama Komsos KWI dan beberapa Komsos Keuskupan lain ini diselenggarakan dengan mengikuti protokol Kesehatan yang ketat. Semua yang terlibat dalam acara yang sudah dirindukan lama oleh umat Keuskupan Padang ini, harus menjalani test Rapid Antigen dan PCR; sebelum dan sesudah acara seluruh gereja Katedral disterilkan dengan disinfektan dan semua yang hadir duduk sambil menjaga social distancing. Panitia sungguh ketat menjaga protokol dan sungguh membatasi terjadinya kerumunan.

Para uskup dari berbagai keuskupan, para imam yang berkarya di Keuskupan Padang dan beberapa dari keuskupan lain bergabung bersama dengan perwakilan umat dari 29 Paroki (setiap paroki 2 utusan), keluarga dan beberapa kenalan bapa uskup, mensyukuri dengan penuh kegembiraan dan suka cita ibadah salve agung yang mengawali rangkaian upacara penahbisan Uskup Padang. Upacara penahbisan akan diadakan pada hari Kamis, 07 Oktober dan Perayaan Misa Pontifikal uskup baru akan dilangsungkan Minggu, 10 Oktober 2021.

Gereja Katolik Indonesia, Iman Katolik, Umat Katolik, katekese, Katolik, Kitab Suci, Yesus Juruselamat, Gembala, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Lawan Covid-19, Keuskupan Padang, Mgr. Vitus Rubianto Solichin, S.X. , Uskup Padang
Doc: Komsos Padang/Komsos KWI
Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close