BERITA
Trending

Nuntius Apostolik Tahbiskan Mgr. Vitus Rubianto Solichin, S.X Jadi Uskup Padang

MIRIFICA.NET – Kamis, 07 Oktober 2021, pada Pesta Santa Maria Ratu Rosario, di Gereja Santa Theresia, Katedral Padang, Mgr. Piero Pioppo, Nuntius Apostolik Tahta Suci Vatikan untuk Indonesia, menahbiskan Mgr. Vitus Rubianto Solichin, SX, disaksikan langsung 17 Uskup, 80-an imam, 30-an biarawan-biarawati, 200-an perwakilan umat dan ribuan orang yang mengikuti secara online lewat live streaming Komsos Keuskupan Padang, Komsos KWI dan komsos-komsos keuskupan lain, dalam upacara yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Mgr. Piero Pioppo, yang didampingi Uskup Penahbis pertama Mgr. Kornelius Sipayung, OFM.Cap, Uskup Agung Medan dan Uskup Penahbis Kedua, Mgr. Adrianus Sunarko, OFM, Uskup Pangkalpinang, mengungkapkan rasa syukur dan sukacitanya. Dalam kata sambutannya, duta yang untuk pertama kali menahbiskan uskup di Indonesia ini, menyatakan sukacitanya menjadi penahbis utama dan mengekspresikan penghargaan kepada umat keuskupan Padang: “…hari ini saya bersukacita karena mengkonsekrasikan anda sebagai uskup Keuskupan Padang, untuk alasan ini saya merasa sangat terhormat karena saya dapat memperlihatkan penghargaan dan penghormatan bagi gereja lokal ini…”.

Selanjutnya Mgr.Pioppo, mengenang mendiang uskup Martinus Situmorang dan menyampaikan terima kasihnya: “…kita yakin bahwa dari Surga, Uskup Martinus, memandang penerusnya sambil tersenyum memberkati dan mendorongnya, oleh karena itu saya juga bersatu dalam sukacita bersama semua umat katolik di Padang, bersama para Klerus, dan dalam hal ini saya juga berterima kasih kepada Romo Aleks Suwandi yang bersama dengan seluruh imam diosesan dan religius telah melaksanakan tugas sebagai administrator Keuskupan dengan kemurahan hati dan kompetensinya”.

Dalam perayaan yang berlangsung dalam suasana syukur dan sukacita ini, duta Vatikan mengungkapkan dengan lugas dan jelas pesan dan harapannya kepada uskup yang baru: “Uskup Vitus yang terhormat dan terkasih, jadilah bapak yang penuh kasih, pembimbing yang dapat dipercaya, guru yang berakar dalam pengetahuan akan Sabda Allah dan doktrin gereja, dan jangan pernah biarkan kerjasama anda dengan para pejabat sipil, Kasih anda kepada yang menderita dan kesabaran anda terhadap para pendosa menjadi lemah. Tetaplah selalu Bersatu Bersama Kristus sang Gembala baik dan tergeraklah hatiNya oleh belas kasihan, selalu menolong Kristus untuk menuntun semua umat beriman dan penduduk Keuskupan Padang kepada kepenuhan hidup dan sukacita.

Avanti in domino caro vescovo…Uskup terkasih, berjalanlah dalam Tuhan. Amin.

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close