BERITA
Trending

Pembukaan Sinode Gereja Katolik 2021-2023 Tingkat Keuskupan Jayapura

MIRIFICA.NET – Minggu, 31 Oktober 2021, Uskup Keuskupan Jayapura, Mgr. Leo Laba Ladjar OFM membuka Sinode Gereja Katolik Tingkat Keuskupan Jayapura.  Dalam Perayaan Ekaristi Minggu Biasa ke XXXI, di Gereja Katedral Kristus Raja Jayapura, Uskup Leo OFM memukul Gong sebanyak tiga (3) kali sebagai tanda diawalinya Sinode tersebut. Dalam sambutan pembuka Uskup Leo menggambarkan bahwa gereja adalah satu komunitas yang berjalan bersama membawa injil dengan membentuk persekutuan hidup, persaudaran, kekeluargaan dalam ikatan cinta kasih kepada Allah dan sesama.

Proses Sinode yang berlangsung dalam dua tahun ini diadakan secara bertahap, mulai dari tingkat KBG, Parokial dan kemudian disintesakan di Keuskupan. “Saat ini kita membuka tahap di tingkat Keuskupan. Pokok yang direnungkan adalah bagaimana kita telah berjalan bersama selama ini, pada tingkat Komunitas Basis Gereja *KBG), Paroki dan Keuskupan”, paparnya.

Sinode Para Uskup, Synod of Bishop, 2021-2023, Pope Francis, Paus Fransiskus, Gereja Katolik Indonesia, Iman Katolik, Injil Katolik, Katekese, Catholic, Katolik, Kitab Suci, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, OMK, Orang Muda Katolik, Lawan Covid-19,  Penyejuk Iman, Keuskupan Indonesia, Gereja Lokal, Persekutuan, Partisipasi dan Misi, Communion, Paticipation, Mission Pewartaan, Sabda Tuhan, Umat Katolik, Yesus Juruselamat
Doc: Komsos Keuskupan Jayapura

Dalam kotbahnya, Uskup Leo menjelaskan gambaran mengenai gereja sinodal yang terlihat seperti perayaan Ekaristi. Gereja merayakan dirinya sebagai satu persekutuan dalam perayaan Ekaristi yang mana umat Allah datang dari berbagai suku bangsa, status ekonomi dan sosial yang berbeda-beda untuk berpartisipasi aktif dalam Doa, Nyanyian untuk mengenang dan menghadirkan peristiwa wafat dan kebangkitan Tuhan. Selain itu pula, Uskup Leo mengajak umat untuk mengikuti ajakan Paus Fransiskus dalam bersinode selama dua tahun ke depan. Dengan Sinode ini, Uskup Leo mengharapkan umat Katolik di Keuskupan Jayapura dapat melihat kembali langkah-langkah yang telah ditetapkan dalam Sinode Keuskupan Jayapura pada tahun 2006 silam, serta mengevaluasinya untuk menentukan langkah dan tindak lanjut ke depan.

Sinode Para Uskup, Synod of Bishop, 2021-2023, Pope Francis, Paus Fransiskus, Gereja Katolik Indonesia, Iman Katolik, Injil Katolik, Katekese, Catholic, Katolik, Kitab Suci, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, OMK, Orang Muda Katolik, Lawan Covid-19, Penyejuk Iman, Keuskupan Indonesia, Gereja Lokal, Persekutuan, Partisipasi dan Misi, Communion, Paticipation, Mission Pewartaan, Sabda Tuhan, Umat Katolik, Yesus Juruselamat
Doc: Komsos Keuskupan Jayapura

Di akhir misa RD. Robertus Tangdilintin selaku Pastor Paroki Katedral Kristus Raja membacakan Surat Keputusan Pengangkatan TIM Sinode Tahap keuskupan Jayapura antara lain :

  1. Konstantinus Bahang.OFM, RD.Paul Tan, RD. Kleopas Sondegau. Tim Sinode Tahap Keuskupan bertugas untuk menata tim tiap paroki untuk menggerakan sinode dengan sosialisasi tentang sinodalitas, evaluasi, proses jalan bersama di Keuskupan Jayapura dan proses ke depannya.

Berikut Jadwal dan Proses Sinode Tahap Keuskupan Jayapura :

Oktober 2021              :      Pembukaan

November 2021          :

– Pembentukan Tim Penghubung dan Fasilitator Keuskupan  dan  Dekenat

– Persiapan Bahan refleksi dan sosialisasi

– Sosialisasi dan pembekalan TIM

Desember 2021          :

– Refleksi Umat tingkat Basis (Kombas)

– Survey

Januari 2022               :

– Perumusan hasil Refleksi umat tingkat Dekenat

– Refleksi umat dalam kelompok kategorial dan komisi

Februari 2022             :

– Rumusan hasil refleksi kelompok kategorial tingkat dekenat

– Diskusi umum online tentang draf hasil sintese

Maret 2022                 :

– Perumusan hasil tingkat keuskupan

– Webinar atau e-sinodal (Pengganti pra-sinode tingkat keuskupan) tentang hasil

– Penyusunan rumusan Akhir

(Tim Sinodal Tingkat Keuskupan Jayapura)

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close