BERITA
Trending

Mgr Inno Ngutra, Uskup Terpilih Amboina

Mgr Mandagi : Seluruh Umat dan Para Pastor Wajib Mengungkapkan Ketaatan

MIRIFICA.NET – Bapa Suci Menunjuk Mgr. Seno Ngutra sebagai Uskup Amboina. Imam Diosesan Amboina yang sehari-hari disapa Romo Inno, dilahirkan di Waur, Kei Besar, 17 November 1970 (51 tahun), dipilih Paus Fransiskus menggantikan Mgr. Petrus Kanisius Manadagi, MSC yang sebelumnya telah diangkat menjadi Uskup Agung Merauke.

Mgr. Inno ditahbiskan imam pada tanggal 06 Oktober 2001 oleh Mgr. P.C. Mandagi MSC, sesudah menyelesaikan studi filsafat-teologi di Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng-Manado dan menjalankan tahun diakonalnya. Sesudah tahbisan, Mgr. Inno menjadi Pembina dan pengajar di Seminari kecil Yudas Tadeus Langgur tahun 2001-2003, kemudian menjadi wakil ekonom dan ekonom keuskupan, pastor paroki di Paroki santo Yakobus Ambon dan direktur diosesan Karya Kepausan Indonesia (2003-2007), selanjutnya melanjutkan kursus di ARFI (Asian Religious Formation Institute) di Antipolo, Filipina (2008-2009) dan belajar Hukum Gereja di Universitas Santo Thomas Manila.

Sekembalinya dari studi di Manila, Mgr. Inno yang sangat aktif mewarta juga di Media Sosial ini, diangkat menjadi Pastor Paroki Santo Yohanes Maria Vianey, Ambon, Vikaris Yudisial Keuskupan, dan terakhir menjadi sekretaris Keuskupan Ambon, sambil menjadi dosen Hukum Gereja di Seminari Tinggi Ambon dan direktur pembinaan para daikon.

Informasi ini disampaikan di Roma pada pukul 12.00 waktu setempat, Tanggal 8 Desember 2021 dan dibacakan langsung oleh Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC sendiri dalam perayaan Ekaristi bersama di Gereja Katedral, Amboina.

Dalam sambutannya Mgr. Mandagi menegaskan bahwa “Tuhan Yesuslah yang mengutus uskup baru ini pastores dabo vobis, aku memberikan gembala-gembala bagi kamu hendaklah umat khususnya para pastor mengungkapkan ketaatan kepada uskup yang baru. Jangan ada yang membangkang karena mengatakan itu bukan calon saya, saya lebih baik daripada dia, saya lebih pandai dari dia, saya berada dalam strata sosial yang lebih tinggi, saya bukan sukunya.”

Lebih lanjut Mgr Mandagi juga menyampaikan informasi mengenai rencana penahbisan uskup baru, dilaksanakan sesudah paskah pada tanggal 23 april 2022 di Gereja Katedral Ambon dan resepsi di gedung Xaverius Ambon.

Proficiat Mgr Inno Ngutra. Selamat menggembalakan Keuskupan Amboina dengan kerendahan hati dan penuh sukacita.

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Aritikel Terkait

Back to top button
instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share