BERITAKARYA MISIONERKOMISI-KOMISIKWI

Advent Explorer SEKAMI Paroki Santo Gabriel Nunukan, Kalimantan Utara

MIRIFICA.NET – Terinspirasi oleh serial kartun Dora, The Explorer, Kelompok Serikat Kepausan Anak-anak dan Remaja Misioner (SEKAMI) Paroki Santo Gabriel (SanGab), Nunukan Kalimantan Utara melakukan kunjungan ke rumah anak-anak SEKAMI. Sesuai dengan namanya, yakni Advent Explorer SEKAMI, kegiatan ini dilaksanakan selama Masa Adven. Didampingi para animator/animatris SEKAMI SanGab, anak-anak melakukan doa dan ibadat bersama.

Koordinator SEKAMI SanGab Suriani Aran menyebutkan, kegiatan Advent Explorer SEKAM merupakan implementasi nyata SEKAMI SanGab dalam menerapkan semangat “Doa, Derma, Kurban, Kesaksian” (2D2K). Sekaligus juga agenda rutin tahunan SEKAMI SanGab sejak 2016. Dilakukan tiga kali dalam seminggu, berturut-turut sejak Hari Jumat, Sabtu, dan Minggu selama empat pekan di Masa Adven.

“Kami (pendamping) biasanya mendata dulu keluarga-keluarga yang akan dikunjungi,”ungkap Suriani. Kunjungan ini, kata Suriani dibatasi sebanyak tujuh keluarga tiap lingkungan setiap harinya.

Rolling Advent
Awalnya kegiatan ini dinamai Rolling Advent. Namun pada 2017, Pastor Paroki SanGab, RP. Antonio Razzoli, OFM. Conv. merasa bahwa istilah rolling identik dengan perayaan Natal, sehingga dirasa perlu mencari nama lain untuk kegiatan ini.

Ia kemudian menceritakan sebuah kisah dalam kartun Dora. Dora digambarkan sebagai anak penjelajah yang selalu membawa ransel dan peta yang selalu menjadi penolong menemukan tempat-tempat yang dituju. Ransel dan peta merupakan sumber sukacitanya. Ia juga seorang anak yang ceria dan pemberani. Dari situ muncul ide menamai kegiatan ini dengan Advent Explorer SEKAMI.

“Inspirasi yang bisa diambil adalah bahwa SEKAMI hendaknya bisa menjadi sumber sukacita bagi sesama. Sama seperti ransel dan petanya Dora”, kata Kori, salah satu animator SEKAMI SanGab dan Ketua Tim Animasi SEKAMI KTS.

“Harapannya adalah agar para animator/animatris dan juga anak-anak SEKAMI memiliki semangat pelayanan yang selalu berani dan pantang menyerah seperti Dora”, jelasnya.

Semangat 2D2K
Semangat 2D2K yang menjadi motto SEKAMI sekaligus menjadi acuan dalam peningkatan kualitas diri dan kehidupan spiritual/kerohanian bagi para anggota dan para animator/animatris SEKAMI. Pemaknaan 2D2K dalam kegiatan ini dapat dinyatakan sebagai berikut :

DOA, Tim Pendamping dan adik-adik membawa keluarga berdoa bersama dan mendengarkan bacaan kitab suci, sharing, mendengar kisah inspirasi iman sebagai bentuk upaya mempersiapkan diri dalam masa Adven.

DERMA, Keluarga yang dikunjungi akan memberi derma dengan niat untuk membantu kegiatan-kegiatan SEKAMI Paroki.

KURBAN, dimaknai lewat pengalaman ketika dalam pelayanan kegiatan ini. Tidak jarang tim harus melawati jalan-jalan sempit, perkebunan warga, sungai, lumpur dan jarak rumah yang berjauhan.

KESAKSIAN, semua peristiwa yang dialami ketika berjumpa dan melihat langsung situasi dan keadaan keluarga adik-adik SEKAMI akan menjadi bahan kesaksian baik bagi para pendamping maupun adik-adik yang terlibat langsung dalam kegiatan.

Kontributor : Romo Agustinus Maming MSC ( Keuskupan Tanjung Selor)

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close