Home Jendela Alkitab Harian Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Sabtu, 09 Mei 2020

Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Sabtu, 09 Mei 2020

26 September 2021, Bacaan Injil 26 September 2021, Bacaan Injil Harian, Bacaan Kitab Suci, bacaan Pertama 26 September 2021, Bait Allah, Bait Pengantar Injil, Firman Tuhan, Gereja Katolik Indonesia, Iman Katolik, Injil Katolik, Katekese, Katolik, Kitab Suci, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Lawan Covid-19, Mazmur Tanggapan 26 September 2021, Minggu Kerahiman Ilahi, Penyejuk Iman, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Pewartaan, Renungan Harian Katolik 2021, Renungan Katolik Harian, Renungan Katolik Mingguan, Sabda Tuhan, Minggu Pekan Biasa XXVi, Ulasan Kitab Suci Harian, Umat Katolik, Yesus Juruselamat
Ilustrasi

Bacaan Pertama: Kis 13:44-52

Paulus dan Barnabas berpaling kepada bangsa-bangsa lain.

Waktu Paulus berada di Antiokhia di Pisidia pada hari Sabat datanglah hampir seluruh warga kota, berkumpul di rumah ibadat Yahudi untuk mendengar firman Allah. Akan tetapi, ketika orang Yahudi melihat orang banyak itu,
penuhlah mereka dengan iri hati, dan sambil menghujat mereka membantah apa yang dikatakan oleh Paulus.

Tetapi dengan berani Paulus dan Barnabas berkata, “Memang kepada kamulah firman Allah harus diberitakan lebih dahulu! Tetapi kamu menolaknya, dan menganggap dirimu tidak layak untuk beroleh hidup yang kekal.
Karena itu kami berpaling kepada bangsa-bangsa lain.

Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi.”

Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah, dan mereka memuliakan firman Tuhan.
Dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya. Lalu firman Tuhan disiarkan di seluruh daerah itu.

Tetapi orang-orang Yahudi menghasut perempuan-perempuan terkemuka yang takut akan Allah, dan pembesar-pembesar di kota Antiokhia itu. Begitulah mereka menimbulkan penganiayaan atas Paulus dan Barnabas, dan mengusir mereka dari daerah itu. Akan tetapi Paulus dan Barnabas mengebaskan debu kaki mereka sebagai peringatan bagi orang-orang itu, lalu pergi ke Ikonium. Dan murid-murid di Antiokhia penuh dengan sukacita dan dengan Roh Kudus.

Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan Mzm 98:1.2-3b.3c-4 R:3cd

Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita.

  • Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.
  • Tuhan telah memperkenalkan keselamatan yang datang dari pada-Nya, Ia telah menyatakan keadilan-Nya di hadapan para bangsa. Ia ingat akan kasih dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel.
  • Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita. Bersorak-soraklah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bergembiralah, dan bermazmurlah!

Bait Pengantar Injil Yoh 8:31b-32

Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar murid-Ku, dan kamu akan mengetahui kebenaran, sabda Tuhan.

Bacaan Injil Yoh 14:7-14

Barangsiapa melihat Aku, melihat Bapa.

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.” Kata Filipus kepada-Nya, “Tuhan, tunjukkanlah Bapa kepada kami, dan itu sudah cukup bagi kami.”

Kata Yesus kepadanya, “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

Aku berkata kepadamu; Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa pun yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan

Dalam banyak agama, Allah sering digambarkan dalam pernyataan-pernyataan. Hal itu tampak dalam gelar-gelar atau sebutan-sebutan tentang Allah; Yang Mahabesar, Yang Maha Esa, yang Mahakuasa, Yang Mahaadil, dst. Dalam keyakinan kita, Allah itu bergaul dengan manusia. Allah itu beserta kita. Dalam pengalaman imannya, Gereja menyatakan bahwa Yesus Kristus itu sungguh Allah dan sungguh manusia. Dengan memandang Yesus kita memandang Bapa, dengan mendengar Yesus kita sedang mendengar Bapa. Hal inilah yang membuat setiap orang Kristen menyapa Allah dengan sebutan  yang sedemikian mesra yakni ‘Bapa.’

Sebagai orang Katolik, kita tidak lagi mereka-reka atau meraba-raba seperti apa Allah itu, atau bertanya-tanya apa yang Dia kehendaki. Iman kita menyatakan bahwa Allah adalah Sabda. Dan Sabda itu tidak sekadar menjadi tulisan dalam Kitab Suci; atau sekadar disabdakan oleh para nabi. Kini, sabda itu menjadi manusia dan tinggal di antara kita. Sabda itu sungguh-sungguh hidup. Sabda yang telah menjadi manusia itu mengajak kita hidup dalah kasih dan kebenaran.  teladan hidup yang ia tunjukkan adalah model hidup yang sejati. Mari kita memaknai hidup ini dengan berpodaman pada ajaran dan cara hidup Sang Sabda yang sudah menjadi manusia itu, yaitu Yesus Kristus.

Ya Allah, kami bersyukur bisa mengenal Kristus dan menjadi pengikut-Nya. Kami bersyukur bahwa Engkau sungguh hadir secara nyata dalam pribadi Kristus. Semoga kami tak pernah berhenti untuk mengarahkan pandangan kami kepada-Nya. Amin.

02 Januari, Bacaan, bacaan kitab suci hari ini, Injil hari ini, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, misa natal, natal, penyejuk iman, refleksi harian, Renungan hari minggu, renungan harian, renungan harian katolik, sabda tuhan, ziarah batin

 

Sumber: Renungan Ziarah Batin 2020, Penerbit OBOR

Inspirasimu: Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Rabu, 06 Mei 2020

Previous articleBeata Katarina dari St. Agustinus : 08 Mei
Next articleBeato Nicholas Albergati : 09 Mei