Home Jendela Alkitab Harian Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Senin, 13 Desember 2021

Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Senin, 13 Desember 2021

13 Desember 2021, Bacaan Injil 13 Desember 2021, Bacaan Injil Harian, Bacaan Kitab Suci, bacaan Pertama 13 Desember 2021, bait allah, Bait Pengantar Injil, Firman Tuhan, gereja Katolik Indonesia, iman katolik, Injil Katolik, katekese, katolik, Kitab Suci, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Lawan Covid-19, Mazmur Tanggapan, Mazmur Tanggapan 13 Desember 2021, Minggu Adven III, minggu kerahiman ilahi, penyejuk iman, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, pewartaan, renungan harian katolik, Renungan Harian Katolik 2021, Renungan Katolik Mingguan, sabda tuhan, Ulasan Kitab Suci Harian, umat katolik, Yesus Juruselamat

Bacaan Pertama: Bil 24:2-7.15-17a

Pada waktu itu Bileam memandang ke depan, dan ia melihat orang Israel berkemah menurut suku mereka.
Maka Roh Allah menghinggapi dia. Lalu ia mengucapkan sanjak, katanya, “Inilah tutur kata Bileam bin Beor,
tutur kata orang yang terbuka matanya; tutur kata orang yang mendengar firman Allah, yang melihat penglihatan dari Yang Mahakuasa sambil rebah, namun dengan mata tersingkap.

Alangkah indahnya kemah-kemahmu, hai Yakub, dan tempat-tempat kediamanmu, hai Israel! Laksana lembah yang membentang luas, laksana taman di tepi sungai, laksana pohon gaharu yang di taman Tuhan, laksana pohon aras di tepi air. Seorang pahlawan tampil dari wangsanya memerintah bangsa yang tak terbilang banyaknya. Rajanya akan naik tinggi melebihi Agag, dan kerajaannya akan dimuliakan.”

Kemudian diucapkannya lagi sanjaknya, “Inilah tutur kata Bileam bin Beor, tutur kata orang yang terbuka matanya, tutur kata orang yang mendengar firman Allah, dan yang memperoleh pengenalan akan Yang Mahatinggi, yang melihat penglihatan dari Yang Mahakuasa, sambil rebah, namun dengan mata tersingkap.

Aku melihat dia, tetapi bukan sekarang. Aku memandang dia, tetapi bukan dari dekat; sebuah bintang terbit dari Yakub, tongkat kerajaan timbul dari Israel, ia meremukkan pelipis-pelipis Moab, dan menghancurkan semua anak Set.”

Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan: Mzm 25:4bc-5ab.6-7c.8-9 R:4b

Tunjukkanlah lorong-lorong-Mu kepadaku, ya Tuhan.

  • Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya Tuhan, tunjukkanlah lorong-lorong-Mu kepadaku. Bawalah aku berjalan dalam kebenaran-Mu dan ajarlah aku, sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan daku.
  • Ingatlah segala rahmat dan kasih setia-Mu, ya Tuhan, sebab semuanya itu sudah ada sejak purbakala. Dosa-dosaku pada waktu muda, dan pelanggaran-pelanggaranku janganlah Kauingat, tetapi ingatlah kepadaku sesuai dengan kasih setia-Mu.
  • Tuhan itu baik dan benar; sebab itu Ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat. Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang bersahaja.

Bait Pengantar Injil: Mzm 85:8

Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya Tuhan, dan berilah kami keselamatan-Mu.

Bacaan Injil: Mat 21:23-27

Pada suatu hari Yesus masuk ke Bait Allah. Ketika Ia sedang mengajar, datanglah imam-imam kepala
serta pemuka-pemuka bangsa Yahudi kepada-Nya; mereka bertanya, “Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu?” Jawab Yesus kepada mereka,
“Aku juga akan mengajukan satu pertanyaan kepadamu, dan jika kalian memberi jawabannya, Aku pun mengatakan kepada kalian dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu. Nah, dari manakah pembaptisan yang diberikan Yohanes? Dari surga atau dari manusia?”

Mereka lalu berunding satu sama lain, “Jikalau kita katakan, ‘Dari surga,’ Ia akan berkata kepada kita,
‘Kalau begitu, mengapa kalian tidak percaya kepadanya? Tetapi jika kita katakan, ‘Dari manusia,’ kita takut kepada orang banyak, sebab semua orang menganggap Yohanes ini nabi.”

Mereka lalu menjawab, “Kami tidak tahu.” Maka Yesus pun berkata kepada mereka, “Jika demikian, Aku pun tidak mau mengatakan kepada kalian dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu.”

Demikianlah sabda Tuhan.

Renungan

Ketika Israel mengalami penjajahan, muncullah Bileam yang menubuatkan kedatangan Mesias yang akan memerintah bangsa yang tak terbilang banyaknya. Mesias itu akan datang dengan simbol bintang yang menghalau kegelapan, dan simbol tongkat kerajaan yang adalah kekuasaan atas alam semesta. Mesias itu akan memulihkan ketidakberaturan dunia. Dia membalikkaan cara pandang manusia yang mengaungkan harta dan takhta.

Kedatangan Yesus adalah pemenuhan nubuat Bileam ini. Ajaran-ajaran-Nya bagaikan bintang yang menghalau kegelapan, dan mukjizat-mukjizat-Nya adalah bukti kuasa Allah yang bekerja di dalam diri-Nya. Pekerjaan-pekerjaan itu memberikan kesaksian tentang jati diri-Nya. Tetapi, para imam kepala dan pemuka-pemuka bangsa Yahudi menolak mengakui jati diri Yesus. Pada masa Adven ini, kita semua diundang untuk bertobat. Untuk menyambut Mesias yang akan datang, kita harus siap mengakui kebenaran kendati kita harus meninggalkan kenyamanan-kenyamanan dituntut pengorbanan besar.

Ya Allah, murnikanlah kami dari keterlekatan duniawi yang bisa membutakan dan menulikan kami sehingga tidak mengenal Yesus, Sang Mesias yang akan datang. Kobarkanlah kerinduan kami akan kebenaran. Datanglah, ya Tuhan Yesus, dan baruilah seluruh muka bumi! Amin.

Bacaan, Bacaan Kitab Suci, bait allah, Firman Tuhan, iman, Kitab Suci, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Yesus Juruselamat, penyejuk iman, Ziarah Batin 2021, OBOR, Obormedia, Toko Rohani OBOR, Pewarta Iman, Katekese, Katolik, Iman Katolik, Paus Fransiskus, ensiklik Laudato Si, renungan harian, Bacaan, Mazmur Tanggapan, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, pewartaan, Umat Katolik

 

Sumber: Renungan Ziarah Batin 2021, Penerbit OBOR

Inspirasimu: Ulasan Eksegetis Bacaan Kitab Suci Minggu Adven III/C

Previous articleBacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Minggu, 12 Desember 2021
Next articleBacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Selasa, 14 Desember 2021