Home BERITA Response Caritas Indonesia Terhadap Bencana Covid-19

Response Caritas Indonesia Terhadap Bencana Covid-19

18 April, katekese, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Para Kudus di Surga, Santa Bernadette Soubirous, Santo Santo Patrick , Santo Damianus de Molokai, Beata Maria dari Inkarnasi, santo santa, teladan kita, Bernadette of Lourdes, Bunda Maria, Rosario

COVID-19 atau Corona Virus Desease 2019 sudah merebak sejak tahun 2019 di Kota Wuhan China. Kita berharap virus ini tidak akan menyebar sampai ke Indonesia, tapi ternyata, Senin, 2 Maret siang, Presiden Jokowi mengumumkan kehadiran Virus ini dalam diri dua pasien yang sebelumnya tertular dari warga negara asing. Sejak saat itu, merebaklah lebih banyak kasus positif Covid-19 dan bahkan ratusan orang sudah meninggal.

Di hadapan bencana yang dikategorikan sebagai Pandemi Global secara Internasional dan bencana Nasional non alam, apakah yang dilakukan Gereja Katolik? Tentu Gereja mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk mengkampanyekan dan menjalankan kebijakan tinggal di rumah, tidak mengadakan kerumunan, cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan gunakan masker kalau keluar rumah. Secara kongkrit, para uskup se-Indonesia mengeluarkan Surat Gembala Pastoral yang meniadakan untuk sementara waktu seluruh kegiatan gerejani yang bersifat mengumpulkan banyak orang dan turut mendukung sosialisasi kebijakan pemerintah, lewat media-media komunikasi sosial internal dan eksternal.

Selain seruan dan pelbagai upaya mendukung kebijakan pemerintah, atas dasar Cintah Kasih Gereja menggerakkan solidaritas sosial. Pelbagai usaha lewat Lembaga-lembaga territorial dan kategorial di pelbagai tingkatan berusaha untuk menunjukkan kepedulian sosial dengan saling membantu satu sama lain; teristimewa membantu orang-orang yang paling terdampak atau mengalami kesulitan karena Pandemi global Covid19 ini.

Salah satu Lembaga yang berkarya di bidang kemanusiaan ini adalah Karina KWI atau Caritas Indonesia yang bernaung di bawah Konferensi Waligereja Indonesia. Lembaga ini bekerja dalam satu kesatuan jaringan dengan Lembaga-lembaga Caritas di dunia Internasionalis dan caritas-caritas dan Komisi PSE Keuskupan-keuskupan. Dengan pelbagai cara Caritas menjalin kerja sama dengan semua pihak secara internal gereja dan eksternal; Lembaga-lembaga pemerintah dan Lembaga-lembaga sosial lainnya.

Apa dan Bagaimana Response Caritas Indonesia dan Caritas-caritas Keuskupan? Kita Ikuti update kegiatannya dalam laporan berikut ini:

17 April, Bacaan, Covid 19, iman, Injil Katolik, Kitab Suci, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, pewartaan, sabda tuhan, Ulasan eksegetis, Ulasan Kitab Suci Harian, Yesus Juruselamat, Pekan Suci, Minggu Paskah, Jumat Oktaf Paskah
Dok: Caritas_Indonesia

Download laporan selengkapnya melalui link: Laporan Caritas Indonesia-Covid 19

Previous articleSanto Patrick : 17 April
Next articleBacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Sabtu, 18 April 2020