Home 100 TAHUN KWI Dalam Rangka 100 Tahun, KWI Gelar Lomba Cipta Lagu Himne dan Mars

Dalam Rangka 100 Tahun, KWI Gelar Lomba Cipta Lagu Himne dan Mars

2023, Gereja Katolik Indonesia, Iman Katolik, Injil Katolik, Katekese, Katolik, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Penyejuk Iman, 100 Tahun KWI, Pewartaan, umat katolik, uskup indonesia

MIRIFICA.NET – Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) merayakan 100 tahunnya pada tahun 2024. Tanggal 15 Mei dirujuk sebagai momentum bersejarah dimulainya perjalanan Konferensi Para Uskup Indonesia ini. Tanggal ini ditentukan karena dalam sejarah 100 tahun yang silam, pada tanggal 15-16 Mei 1924 para vikaris dan prefek apostolik seluruh Hindia Belanda berkumpul di gedung pastoran Gereja Katedral Jakarta. Sidang ini diketuai oleh Vikaris Apostolik Batavia, Mgr. Anton Pieter Franz van Velsen, S.J., yang baru saja ditahbiskan. Sidang ini dihadiri oleh 6 orang waligereja, dengan tambahan 2 orang dua orang imam(pastor), yaitu A. H. G. Brocker, M.S.C. dan S. Th. van Hoof, S.J., sebagai narasumber.

Mensyukuri perjalanan KWI, maka sejak 14 November 2023, Ketua KWI, Mgr. Antonius Bunjamin Subianto, OSC telah mencanangkan perayaan 100 tahun KWI sampai akan ditutup pada Bulang November 2024.

Mengisi rangkaian hari-hari Perayaan, Panitia menggelar Lomba Cipta Lagu Hymne dan Mars KWI. Mars dan Himne yang terpilih akan digunakan oleh KWI sebagai Mars dan Himne Lembaga KWI selanjutnya. Lomba ini diadakan untuk meramaikan 100 tahun KWI dan juga mengundang seluruh umat untuk turut terlibat memberikan kontribusi pada Perjalanan dan Perkembangan Konferensi Wali Gereja Indonesia.

Lagu Mars dan Hymne diharapkan boleh menggambarkan tentang hidup, kebersamaan dan karya KWI sebagai salah satu bentuk sinodalitas para uskup; dan kebersamaan para uskup dalam gereja asia dan universal. Kata-kata kunci itu antara lain: jalan bersama, mengerjakan pewartaan iman di Indonesia, membangun persaudaraan sejati, memulihkan martabat manusia, keperdulian terhadap mereka yang lemah-tersingkir, ekologi dan keterlibatan dalam hidup berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Syarat dan Ketentuan Lomba Cipta lagu dapat dilihat dalam flyer yang dibagikan.