Home BERITA Perayaan Syukur Kaul Kekal dan Pembukaan Yubileum 90 Tahun CIJ

Perayaan Syukur Kaul Kekal dan Pembukaan Yubileum 90 Tahun CIJ

Pada hari Selasa, 19 Maret 2024, suasana penuh sukacita menyelimuti Biara Pusat CIJ (Congregatio imitationis Jesu) Potunggo Ende ketika para suster dari Kongregasi Pengikut Yesus menggelar perayaan yang begitu berarti: Pembukaan Yubileum 90 tahun CIJ dan Perayaan Syukur Kaul Kekal ketujuh suster CIJ. Kapela Biara menjadi saksi kekhidmatan saat perayaan ini dipimpin oleh RP. Emanuel Embu, SVD, Provinsial SVD Ende.

Dalam momen yang penuh makna ini, ketujuh suster dari komunitas CIJ dengan tegas menyatakan janji Kaul Kekal mereka. Sr. Valentina Benge Rewo, Sr. Maria Rosari Aso Muwa, Sr. Emerensia Bha, Sr. Imaculada da Conceicao, Sr. Marciana Fatima, Sr. Siquita Lou Mendonca, dan Sr. Felizarda Mendonca dengan penuh kegembiraan mengikrarkan kaul kekal untuk hidup dalam kemiskinan, kesucian, dan ketaatan sepanjang hidup mereka. Dengan langkah mantap, mereka menyerahkan diri sepenuhnya kepada panggilan ilahi mereka untuk melayani Allah dan umat-Nya, seperti yang ditegaskan dalam Tri prasetia Para suster Konggregasi Pengikut Kristus.

Dalam homilinya, Pater Emanuel Embu menyoroti tiga aspek penting yang perlu direnungkan bersama. Pertama, dia menekankan moto yang dipilih para suster, “Kasih setiamu ya Tuhan, hendak kunyanyikan selama-lamanya”, sebagai peringatan bahwa hidup religius bukan hanya tentang pencapaian manusiawi, tetapi lebih pada pujian kepada Allah atas kasih-Nya yang tak terhingga. Kedua, perayaan hari itu bertepatan dengan hari St. Yosef, mengingatkan kita akan teladan kesetiaan dan ketaatan kepada Allah. Ketiga, kaul-kaul kebiaraan adalah pernyataan radikal seseorang yang menyerahkan dirinya sepenuhnya kepada Allah, siap menerima rencana-Nya bahkan dalam situasi yang paling sulit sekalipun.

Suasana suci penuh sukacita tidak hanya dirasakan oleh para suster, tetapi juga seluruh komunitas Biara Pusat CIJ Potunggo Ende yang turut merayakan perayaan syukur untuk Kaul Kekal ketujuh anggota komunitas mereka dan pembukaan Yubileum 90 tahun CIJ. Dalam sambutan hangat, Suster Ivonny Kebingin, CIJ sebagai Pimpinan Umum Biara CIJ Potunggo Ende, mengingatkan perjalanan panjang mereka sejak didirikan 90 tahun lalu. Dia menyampaikan rasa syukur atas karunia-karunia Tuhan yang melimpah selama ini, serta memberikan apresiasi kepada semua suster yang telah mempersembahkan hidup mereka bagi misi CIJ. Beliau juga menegaskan kembali pentingnya pelayanan, pengabdian, dan kesetiaan dalam hidup religius.

Setelah perayaan ekaristi, acara dilanjutkan dengan resepsi sederhana yang digelar di dalam aula CIJ Potunggo Ende. Dengan sukacita dan semangat yang dipenuhi oleh Roh Kudus, komunitas CIJ siap melanjutkan perjalanan mereka dengan penuh keyakinan, memancarkan cahaya kasih Tuhan kepada dunia yang membutuhkan, selama 90 tahun yang akan datang dan bahkan seterusnya. Perayaan ini menjadi momentum untuk merayakan seabad pengabdian dan kebahagiaan, serta memperkuat komitmen mereka dalam meneruskan misi pelayanan mereka di tengah dunia yang terus berubah. (UnW/KAE)