Home BERITA Rengkuh dan Tumbuh

Rengkuh dan Tumbuh

Gereja Katolik Indonesia, Iman Katolik, Injil Katolik, Katekese, Katolik, Orang Muda, Orang Muda Katolik, Komkep KWI, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, , Penyejuk Iman, Pewartaan, Umat Katolik, Indonesia
Doc: Team Komkep

Rapat Perdana Pengurus Komisi Kepemudaan KWI 2024

“Kita, pengurus, hendaknya menjadi jembatan yang menyambungkan OMK menuju Gereja yang vital dan viral”, sambutan Mgr Pius Riana Prapdi, ketua Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Indonesia (Komkep KWI), mengawali dinamika Rapat Badan Pengurus Komkep KWI, hari Sabtu-Minggu, 16-17 Maret 2024 di Wisma Kemiri, Jakarta Pusat. Rapat ini menjadi perjumpaan pertama kami dengan anggota pengurus yang baru, sekaligus menjadi kesempatan untuk melepas para pengurus yang lama. Selain itu, tentu saja, menentukan langkah bersama dan memantapkannya dalam karya pastoral pendampingan Orang Muda Katolik (OMK) Indonesia.

Ibadat pembuka dan rekoleksi singkat yang dibimbing Mgr. Pius membuka pertemuan ini. Rekoleksi singkat ini juga bertujuan untuk mengevaluasi dalam terang Roh pelayanan Komkep KWI selama ini. Para pengurus lama yang telah selesai masa pelayanannya juga berbagi cerita suka dan duka selama menjadi anggota pengurus Komkep KWI. Mbak Anik Wusari, salah satu pengurus lama, membagikan cerita bagaimana menemani OMK via kolom curhat. Ada begitu banyak persoalan OMK yang menjadi masukan bagi kami untuk tetap setia menemani. Michael Ronaldo juga bercerita bagaimana Komkep KWI memberikan kesempatan berharga untuk bisa mendampingi para pendamping dan OMK di berbagai keuskupan. Dalam evaluasi ini juga muncul pembicaraan tentang pentingnya membangun visi bersama lagi sebagai Komkep KWI.

Di sesi malam, kami berdiskusi kembali tentang prinsip-prinsip pendampingan OMK, spiritualitas Pendamping OMK, dan mendengar hasil survei dan FGD OMK tentang militansi iman OMK Indonesia. Pembicaraan malam ini bersambung esok paginya yang mengerucut pada perlunya menata kembali dan memantapkan tiga hal: Visi, Misi, Strategi Komkep KWI, membuat instrumen untuk menilai Komkep dan karya pendampingan OMK, dan membicarakan Profil OMK Indonesia yang diimpikan.

Tiga hal ini akan menjadi materi yang dirangkai dalam Rapat Pleno Nasional Komisi Kepemudaan di Jakarta, 18-21 Juni 2024. Pembicaraan mengenai persiapan Rapat Pleno serta masukan-masukan pengurus bagi Rapat Perdana Persiapan Indonesian Youth Day IV di Keuskupan Sorong, tanggal 12-14 April 2024 nanti mengakhiri pertemuan Badan Pengurus Komkep KWI. Kami bersyukur karena semakin lengkap anggota badan pengurus ini dari berbagai macam latar belakang keahlian: lingkungan hidup, kesetaraan gender dan kesehatan mental, teknologi digital dan komunikasi, sosial kemasyarakatan, kewirausahaan, formasi dan kaderisasi. Semoga dengan ini, “Rengkuh dan Tumbuh” yang mejadi tema rapat Pengurus Komkep KWI ini, benar-benar menjadi dua kata kunci yang diperjuangkan untuk menjangkau OMK dan menumbuhkan kasih mereka pada Tuhan, Gereja dan sesama. *RD.Frans Kristi, Sekretaris Komisi Kepemudaan KWI