Home KATEKESE Santo Porkarius dan kawan-kawan : 12 Agustus

Santo Porkarius dan kawan-kawan : 12 Agustus

12 Agustus, Beata Maria Francesca Rubatto, Beato Yohanes dari Rieti, Bunda Maria, gereja Katolik Indonesia, katekese, katolik, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Lawan Covid-19, Minggu Biasa XIX, Para Kudus, Para Kudus di Surga, rosario, St Porkarius dan kawan-kawan, Santo Porkarius, Santa Klara dari Asisi , Santo Porkarius, Santa Nonna dari Nazianzus, Santo Dominikus, Santo Eusebius, Santo Kayetanus, Santo Nikodemus, santo santa, Santo Yohanes Maria Vianney, teladan kita, umat katolik
Ilustrasi

PORKARIUS,  pada abad kelima, suatu biara Benediktin yang besar didirikan di pulau Lerin di French Riviera di pesisir Selatan Perancis. Biara itu disebut Biara Lerins (sekarang dikenal sebagai Île de Saint-Honorat / Biara St. Honoratius). Biara ini penuh dengan banyak biarawan kudus. Pada abad kedelapan, komunitas Lerins terdiri dari para biarawan, novisiat, pelajar dan para pemuda yang tertarik untuk menjadi biarawan. Seluruhnya berjumlah lebih dari limaratus orang.

Sekitar tahun 732, Abbas Porkarius mendapat semacam wahyu atau nubuat. Tak lama lagi biara akan diserang oleh para penyerang barbar. Abbas Porkarius menaikkan segenap murid dan tiga puluh enam biarawan yang lebih muda dalam kapal. Lalu ia menyuruh mereka segera berlayar agar selamat.

Karena tak ada lagi kapal yang tersisa, Porkarius mengumpulkan semua anggota komunitas yang masih tersisa sekelilingnya. Tak seorang pun mengeluh karena tertinggal. Sebaliknya, mereka berdoa bersama memohon kekuatan. Mereka memohon kepada Tuhan karunia untuk mengampuni musuh mereka.

Segera kaum Saracens dari Spanyol atau dari Afrika Utara mendaratkan kapal-kapal mereka dan menyerang para biarawan, seperti yang telah dinubuatkan sang abbas. Para biarawan berdoa dan saling menguatkan satu sama lain agar dapat dengan gagah berani menanggung derita dan mati demi Kristus. Para penyerang menyerbu dan membantai semua kurbannya terkecuali empat orang yang mereka tawan sebagai budak. St Porkarius dan para biarawan Lerins wafat sebagai martir yang gagah berani bagi Yesus.

Sumber: katakombe.org

Inpirasimu: Santa Klara dari Asisi : 11 Agustus

Previous articleBacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Rabu, 12 Agustus 2020
Next articleBacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Kamis, 13 Agustus 2020