Home BERITA Mgr Anicetus Sinaga: Uskup adalah Titisan Kristus

Mgr Anicetus Sinaga: Uskup adalah Titisan Kristus

Penandatanganan surat ketaatan kepada Takhta Suci oleh Mgr. Kornelius Sipayung, didampingi Mgr. Anicetus Bongsu Antonius Sinaga, OFM Cap.

SEORANG USKUP merupakan titisan Yesus, harus ambil bagian dalam karya Kristus. Karena itu,uskup yang telah mendapatkan tahbisan episkopal juga para imam tertahbis memiliki kewajiban untuk selalu mengkonfigurasikan imamatnya kepada imamat Kristus.

Karena itu, seorang uskup harus mampu menjadi Sang Damai Kristus yang lain, yang mengkonfirgasikan secara ontologis Kristus sebagai kepala gerejanya yang hadir dan aktif di tengah umatnya.

Demikian disampaikan Uskup Emeritus Keuskupan Medan, Mgr Anicetus Bongsu Antonius Sinaga, dalam kotbah ibadat sore meriah menjelang tahbisan uskup baru KAM di Gereja Katedral Santa Maria Dikandung tanpa Noda, Jumat (1/2/2019).

Pada kesempatan ini Mgr Anicetus menggugah semangat uskup yang baru Mgr Kornelius Sipayung, OFMCap, juga para uskup dan imam yang hadir untuk terus meniru sang guru Yesus Kristus yang tak kenal lelah selalu melayani, berjuang, berkorban bahkan rela mati demi domba gembalanNya.

Uskup memang diberkati dengan kuasa legislatif, eksekutif dan yudikatif dalam membangun serta mengembangkan gereja. Namun panggilan terluhurnya adalah untuk berkata “Makananku adalah untukmelakukan kehendak Bapa yang mengutus aku.”

Mgr Anicetus mengajak sesama koleganya, para uskup, untuk tidak berhenti berusaha sampai domba gembalaannya yakni para imam dan umat awam beriman memiliki ketrampilan keguruan imam, kekudusan imam, serta kerendahan kegembalaan.