Home BERITA Keuskupan Amboina Siap Gelar Upacara Tahbisan Uskup

Keuskupan Amboina Siap Gelar Upacara Tahbisan Uskup

Tahbisan Uskup Amboina, Keuskupan Amboina, Mgr. Seno Ngutra,Firman Tuhan, Gereja Katolik Indonesia, Iman Katolik, Injil Katolik, Katekese, Katolik, Kitab Suci, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Lawan Covid-19,, Penyejuk Iman, , Pewartaan, Sabda Tuhan, Ulasan Kitab Suci Harian, umat katolik, Yesus Juruselamat

MIRIFICA.NET – Keuskupan Amboina siap menggelar Acara Penahbisan Uskup baru pada Sabtu, 23 April 2022 pukul 16.00 WIT, di Katedral St. Fransiskus Xaverius, Ambon, Maluku. Perayaan Penahbisan ini dibuat menyusul dikeluarkannya ketetapan dari Tahta Suci Paus Fransiskus yang menunjuk Pastor Seno Ngutra sebagai Uskup Amboina pada 8 Desember 2021 dan akan memulai tugas penggembalaan sebagai uskup setelah ditahbiskan.

“Panitia penahbisan Uskup Seno Ngutra dan perpisahan Uskup Mandagi telah bekerja keras menyiapkan ini dengan baik sesuai tata cara dan tradisi Katolik,”ujar Vikaris Jenderal Keuskupan Amboina yang juga Ketua Panitia Tahbisan RD. Ignasius Refo, di kantor Keuskupan Amboina, Rabu (20/04/2022).

Saat berita ini ditayangkan, panitia tampak sibuk menyiapkan berbagai hal di lokasi tahbisan. Tamu-tamu dari luar Kota Ambon juga mulai berdatangan, termasuk para imam Keuskupan Amboina yang bertugas di pulau-pulau yang jauh dari pusat keuskupan. Sekretaris Panitia RD. Agus Arbol menyatakan, panitia sudah bekerja keras dan terus mematangkan seluruh persiapan. “Kami sudah siap. Semoga semuanya berlangsung lancar dan baik,”ujar Agus.

Pastor Paroki Katedral sekaligus Ketua Komisi Komsos Keuskupan Amboina RD. Paul Kalkoy menyatakan telah berusaha keras agar acara berjalan sukses. “Sebagai tuan rumah, karena tahbisan diadakan di Gereja Katedral, kami bersama Dewan Pastoral dan seluruh umat Paroki Katedral sungguh berusaha agar rangkaian acara tahbisan sukses.”

Tim Komsos Keuskupan Amboina didukung Komsos KWI bersama Komsos-komsos keuskupan lain juga sudah siap dengan tayangan langsung yang akan disiarkan di Kanal Youtube Komsos Keuskupan Amboina dan Komsos KWI.

25 Uskup akan Hadir
Pastor Igo, demikian Vikjen biasa disapa, menyebutkan bahwa Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr. Piero Pioppo akan menjadi penahbis utama. Sementara Uskup Agung Merauke Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC menjadi penahbis pendamping pertama dan Uskup Manado Mgr Benedictus Rolly Untu MSC bertindak sebagai penahbis pendamping kedua.

Rencananya upacara penahbisan akan dihadiri oleh 25 uskup dari keuskupan-keuskupan di Indonesia. Juga perwakilan keuskupan yang uskupnya tidak bisa hadir. Menurut Vikjen, akan ada lebih dari 150-an pastor, 50-an  biarawan/i, perwakilan umat dari wilayah-wilayah gerejawi Keuskupan Amboina dan perwakilan paroki-paroki di Kota Ambon. “Direncanakan ada 1000 orang yang akan mengikuti upacara penahbisan ini,”ujar Vikjen.

Berikut rangkaian acara Tahbisan Uskup Mgr Seno Ngutra :

1. Ibadat Vesper Agung di Gereja Katedral Santo Fransiskus Xaverius Ambon digelar pada Jumat, 22 April 2022, pukul 18.00 WIT. Prosesi dipimpin Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC. Ibadat Vesper Agung dilaksanakan dengan acara utama pengingkraran kesetiaan Uskup Seno Ngutra kepada Bapa Suci Paus Fransiskus dan pengganti-penggantinya. Serta pengakuan iman uskup terpilih antara lain untuk menerima dan mempertahankan ajaran iman dan kesusilaan serta menyatakan janjinya untuk berpegang teguh pada ajaran Magisterium Gereja. Dalam Ibadat Vesper Agung juga akan dinyanyikan mazmur-mazmur pujian atas karya Allah yang maha agung bagi umat manusia dan bagi Gereja Keuskupan Amboina.

Pada ibadat ini, diberkati insignia (atribut penanda uskup seperti mitra, cincin, tongkat, kalung salib serta tahta uskup) yang akan dipakai uskup baru dalam tugas penggembalaannya.

2. Upacara Penahbisan Uskup digelar Sabtu, 23 April 2022, pukul 16.00 WIT. Seusai tahbisan, acara dilanjutkan dengan seremoni yang direncanakan mulai pukul 21.00 WIT.

3. Misa Episkopal pada Minggu, 24 April 2022. Misa pertama uskup baru ini akan berlangsung di Gereja Katedral St. Fransiskus Xaverius pada pukul 17.00 WIT.

 

Previous articleUnika Atma Jaya Jakarta Gandeng Komisi PSE KAJ Sediakan Beasiswa Senilai 6 Miliar
Next articleHomili Mgr. Rolly Untu, MSC Pada Vesper Mulia Tahbisan Uskup Ambon