Home BERITA Materi Pastoral Hari Kakek Nenek dan Lanjut Usia Sedunia ke-III, 23 Juli...

Materi Pastoral Hari Kakek Nenek dan Lanjut Usia Sedunia ke-III, 23 Juli 2023

Gereja Katolik Indonesia, Iman Katolik, Injil Katolik, Katekese, Katolik, Kitab Suci, Komisi Keluarga KWI, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Keluarga Katolik, Lawan Covid-19, Penyejuk Iman, Pewartaan, Umat Katolik, Yesus Juruselamat, BPN PKKI

Perayaan Hari Kakek dan Nenek Sedunia III ini menunjukkan bahwa peristiwa ini sudah menjadi peristiwa rutin hidup komunitas Gereja kita dan mendapatkan makna baru. Merawat kakek-nenek dan lanjut usia sebenarnya sekedar kewajiban yang muncul dari rasa syukur dan kasih sayang,namun merupakan sebuah kebutuhan untuk membangun masyarakat yang lebih manusiawi dan bersahabat. Bapa Suci mengundang kita untuk mengakui nilai yang mereka hayati dalam mewariskan iman dan harapan kepada generasi baru,yang dilakukannya bukan hanya dalam satu kali gebrakan tetapi secara terus menerus. Peringatan ini bukan sekedar untuk merayakan mereka yang kita cintai setahun sekali, tetapi membuat mereka mampu merasakan bahwa mereka adalahbagian yang tak terpisahkan dari keluarga kristiani dan sejarah kita bersama. Lagi pula, di banyak tempat di dunia ini, mereka menjadi tempat rujukan komunitas dan penjaga kenangan. Oleh karena itu, diperlukan adanya perubahan mentalitas dalam komunitas kita untuk tidak berprasangka bahwa orang yang lanjut usia adalah pribadi yang pasif dan tidak berguna. Komunitas juga perlu membiasakan diri dengan reksa pastoral yang ditandai dengan aspek timbal balik dan berbagi lintas generasi.

Hari Kakek-Nenek Sedunia yang ketiga akan dirayakan pada tanggal 23 Juli 2023. Perayaan itu mengambil tema, “Rahmat-Nya turun temurun” (Luk 1:50). Ayat ini mengingatkan kita bahwa rahmat Allah tampak dalam sejarah melalui kesaksian orang-orang yang pernah mengalami dan mewariskannya kepada anak cucu mereka. Kakek-nenek dan para lanjut usia dipanggil untuk membawa rahmat ini, mengisahkan melalui perkataan dan hidupnya tentang bagaimana Allah dengan setia berpegang pada janji-Nya dan bagaimana Ia senantiasa mengasihi umat-Nya. Kakek nenek dan lanjut usia juga dipanggil untuk menerima rahmat Allah ini; membiarkan diri dihibur oleh kasih kebapaan Allah yang tidak pernah meninggalkan mereka. Hari Kakek-Nenek dan Lanjut Usia Sedunia menjadi kesempatan untuk sekali lagi mengungkapkan dengan penuh sukacita bahwa Gereja ingin merayakannya bersama dengan mereka yang mendapatkan karunia “kepenuhan hidup” dari Allah sebagaimana disebut dalam Kitab Suci.

Berikut ini merupakan dokumen-dokumen terkait Perayaan Hari Kakek dan Nenek Sedunia III. Dipersiapkan dan dibagikan oleh Komisi Keluarga Konferensi Waligereja Indonesia.

Logo

Pesan Paus Fransiskus untuk Hari Orangtua dan Lansia Sedunia Kedua
Doa
Panduan Pastoral
Official Prayer
Infografik
Poster