Home KATEKESE Pesta Salib Suci : 14 September

Pesta Salib Suci : 14 September

14 September, Beato Bertrand, Bunda Maria, gereja katolik, gereja Katolik Indonesia, Ibu Maria, katekese, katolik, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Lawan Covid-19, Minggu Biasa XXIII, Para Kudus, Para Kudus di Surga, Pesta Salib Suci, Santa Notburga, Santo Yohanes Krisostomus, Santo Guido, Santo Yohanes Gabriel Peyboyre, Santo Theodardus, Santo Petrus Claver, Pesta Kelahiran Santa Perawan Maria, rosario, Santo Theodardus, Santo Petrus Claver, Santa Perawan Maria, santo santa hari ini, teladan kita, umat katolik, yesus kristuso, Santo Gregorius Agung, teladan kita, umat katolik, Komsos KWI
Ilustrasi: fcorner-ctsi.org

Konon ketika raja Persia menaklukkan Tanah Suci dan menduduki Yerusalem, ia merampas Salib Yesus dan membawanya ke Persia. Tetapi tidak lama kemudian ketika Kaisar Romawi Heraklius mengalahkan Persia, Salib Tuhan itu dikembalikan atas tuntutannya. Heraklius sendiri memikul Salib Tuhan itu hingga ke puncak Golgotha. Pada abad keempat, Salib itu ditemukan oleh Santa Helena, ibu Kaisar Konstantinus Agung. Sebuah gereja dibangun di sana sebagai penghormatan terhadap Salib Tuhan itu.

Hari ini Gereja merayakan pesta Salib Suci. Pemuliaan Salib Tuhan ini dikaitkan dengan penemuannya oleh Santa Helena. Lebih dari itu pesta ini lebih merupakan ungkapan iman Gereja terhadap Salib Yesus sebagai jalan keselamatan.

Sumber: Imankatolik.or.id

Inspirasimu: Santo Yohanes Krisostomus : 13 September

Previous articleBacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Senin, 14 September 2020
Next articleBacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Selasa, 15 September 2020