Home Jendela Alkitab Harian Renungan Harian Katolik: Minggu, 24 Februari 2019, Luk. 6:27-38

Renungan Harian Katolik: Minggu, 24 Februari 2019, Luk. 6:27-38

Renungan Harian Katolik
Saling menopang dalam hidup/Ilustrasi (Ist)

Renungan Harian Katolik: Minggu, 24 Februari 2019, Luk. 6:27-38

DARI mana hidup ini berasal? Sebagai orang beriman, jawaban yang lekas muncul adalah Tuhan. Selain Tuhan, pihak yang paling menentukan keberlangsungan hidup kita adalah sesama. Melalui sesama jugalah kita dapat menemukan dan mengalami perjumpaan dengan Tuhan. Namun, bagaimana sesungguhnya relasi kita dengan sesama di sekitar kita? Umumnya kita acap tak hirau dengan kehadiran dan perhatian sesama di sekitar. Kita baru akan menyadari peranan mereka, ketika sudah kehilangan. Karena itu, Yesus melalui Injil hari ini mengingatkan kita tentang pentingnya memperbaiki relasi yang rusak dengan sesama, khususnya mereka yang masuk dalam kategori musuh. Tentang hal ini, kita dapat belajar dari tokoh Daud.

Saul amat membenci Daud, sebab posisinya sebagai pemimpin diancam dengan hadirnya Daud. Ia mengejar Daud dan berniat membinasakannya. Namun, Daudlah yang memiliki kesempatan itu. Alih-alih membunuh musuhnya itu, Daud justru membiarkannya hidup. Apa yang dilakukan oleh Daud adalah juga perintah yang disampaikan Yesus dalam Injil. “Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu…” Semoga seperti Daud, kita pun mampu mengasihi sesama, juga mereka yang membenci kita.

Tuhan, jangan biarkan aku hidup dalam rasa dendam, karena hidupku hanya bersumber pada kasih-Mu dan kemurahan hati sesama. Amin.

Sumber: ZIarah Batin 2019, OBOR Indonesia

 

Previous articleRenungan Harian Katolik: Sabtu, 23 Februari 2019, Mrk. 9:2-13
Next articleBeato Marco De’ Marconi : 24 Februari