Home KATEKESE Santa Bibiana : 02 Desember

Santa Bibiana : 02 Desember

02 November, Bunda Maria, gereja katolik, gereja Katolik Indonesia, Ibu Maria, katekese, katolik, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Lawan Covid-19, Minggu Biasa XXXV, Para Kudus, Para Kudus di Surga, rosario, Santa Bibiana, Santa Cecilia, Santa Felisitas dari Roma, Santa Flora dari Cordoba, Santa Katarina Laboure, Santa Sesilia, Santo Andreas Rasul, teladan kita, umat katolik, yesus kristus
Ilustrasi: catholicnewsagency

Ayah BIBIANA, Flavian, adalah seorang pejabat kota Roma pada masa Gereja Perdana. Flavian dan isterinya dikenal sebagai pengikut Kristus yang taat. Ketika Kaisar Yulianus mengingkari iman Katoliknya dan mulai menganiaya umat Kristen, Flavian ditangkap. Wajahnya dicap dengan besi panas dan kemudian ia dikirim ke tempat pembuangan.

Setelah Flavian wafat, isterinya – Dafrosa – juga dijadikan tahanan di rumahnya sendiri. Hukuman itu dijatuhkan kepadanya karena kehidupan Kristianinya yang saleh. Kemudian, Dafrosa juga dijatuhi hukuman mati. Bibiana, yang ditinggal sendirian bersama saudarinya – Demetria – dengan segenap hati mempercayakan diri kepada Tuhan dan berdoa. Segala milik mereka dirampas. Lalu, kedua gadis tersebut diajukan ke pengadilan. Demetria yang malang begitu ketakutan sehingga tewas seketika di kaki hakim. Bibiana diserahkan kepada seorang perempuan pendosa yang ditugaskan untuk menjadikan Bibiana sejahat dirinya. Perempuan itu membujuk dengan kata-kata manis dan dengan banyak akal licik supaya Bibiana jatuh dalam dosa. Tetapi Bibiana tidak dapat dibujuk. Ia dibawa kembali ke pengadilan dan didera. Namun, ia tetap teguh pada iman dan kesuciannya. Akhirnya, St. Bibiana didera dengan cambuk timah hingga wafat. Seorang imam menguburkan jenasahnya pada malam hari di samping ibu dan saudarinya.

 Kadang-kala kita harus menderita karena melakukan suatu hal yang kita yakini kebenarannya. Kita dapat berdoa memohon rahmat ketekunan dalam berbuat kebajikan sepanjang hidup kita.

Sumber: katakombe.org

Inspirasimu: Santo Edmund Campion : 01 Desember

Previous articleBacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Rabu, 02 Desember 2020
Next articleBacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Kamis, 03 Desember 2020