Home KATEKESE Santo Adelbertus dari Praha : 23 April

Santo Adelbertus dari Praha : 23 April

23 April, Beata Maria dari Inkarnasi, Bunda Maria, gereja katolik, gereja Katolik Indonesia, katekese, katolik, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Lawan Covid-19, martir, Para Kudus, Para Kudus di Surga, Pengaku Iman, Santo Adelbertus dari Praha, Santo Deogratias, Santa Agnes dari Montepulciano, Santa Bernadette Soubirous, Santa Lidwina, Santa Magdalena de Canossa, Umat Katolik, Uskup dan Pengaku Iman, Yesus Kristus

ADELBERTUS dari Praha lahir sekitar tahun 956 dalam sebuah keluarga bangsawan Bohemia yang kaya raya namun saleh. Nama aslinya adalah Voytech (Wojciech). Saat ia menerima sakramen penguatan (krisma); ia memilih untuk menggunakan nama Adelbertus sebagai penghormatan kepada gurunya yang sekaligus bapa rohaninya :  Santo Adelbertus dari Magdeburg; seorang yang telah menyembuhkannya dari sakit, mentobatkannya dan mendidiknya dengan penuh cinta kasih.

Ketika bapa rohaninya itu  meninggal pada tahun 981; Adelbertus memutuskan untuk kembali ke Bohemia. Disana Uskup Deitmar di Praha kemudian mentahbiskannya menjadi seorang imam. Adelbertus kemudian berkarya beberapa tahun bekerja membantu sang uskup. Ketika Uskup Deitmar meninggal dunia Adelbertus yang saat itu masih sangat muda terpilih untuk menggantikannya.

Walau telah menjadi seorang uskup namun Adelbertus tetap menjalani pola hidup asketis layaknya seorang pertapa. Ia tidur di lantai dan tetap berpuasa secara  teratur.  Ia berkhotbah hampir setiap hari, dan selalu menyempatkan diri untuk mengunjungi umatnya teristimewa bagi mereka yang tinggal dilingkungan kumuh dan yang berada dalam penjara. Sebagai Uskup ia mengambil langkah tegas untuk mereformasi keuangan keuskupannya. Ia memangkas semua pengeluaran untuk dirinya sendiri dan hanya menyisakan sebagian kecil dari anggaran untuk biaya makan dan minum uskup.

Uskup Adelbertus sangat tegas dalam menghadapi ketidak-adilan dan kesewenang-wenangan dari sekelompok orang yang memiliki kekuasaan. Ketika usahanya untuk menciptakan pembaharuan dalam kehidupan bagi rohani para rohaniwan dan bagi kaum awam mendapatkan perlawanan,  Adelbertus tanpa ragu menanggalkan jabatannya sebagai Uskup pada tahun 990 dan pergi ke Roma.

Baca Selengkapnya: katakombe.org

Inspirasimu: Santo Deogratias : 22 April

Previous articleSanto Deogratias : 22 April
Next articleOrang Katolik Yang Belum Menerima Sakramen Penguatan, Tidak Diperbolehkan Untuk Nikah Gereja?