Home KATEKESE Santo William de Bourges : 10 Januari

Santo William de Bourges : 10 Januari

10 Januari, Bunda Maria, Gereja Katolik, Gereja Katolik Indonesia, Ibu Maria, Kanak-Kanak Suci, Kaspar, katekese, katolik, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Lawan Covid-19, Santo William de Bourges, Melkior dan Balthasar, Para Kudus, Para Kudus di Surga, Pengaku Iman, Rosario, Santa Anysia, Santa Dafrosa, Santa Fransiska Xaveria Cabrini, Santo Marsianus dari Konstantinopel, teladan kita, Tiga Raja Santa Syncletica, Umat Katolik, Uskup dan Pengaku Iman, Yesus Kristus

WILLIAM berasal dari sebuah keluarga Perancis yang kaya. Sejak masih kanak-kanak, ia tidak suka menghabiskan waktunya dengan bersenang-senang atau bermalas-malasan. Ia menghabiskan waktunya dengan berdoa setiap hari. Ketika ia bergabung dengan Ordo Cistercian, ia berusaha menjadi seorang biarawan yang baik. Teman-teman biarawan mengaguminya, meskipun ia sendiri tidak berusaha menampilkan kesan yang baik kepada siapa pun.

St. William memiliki devosi yang mendalam kepada Yesus dalam Sakaramen Mahakudus. Ia melakukan mati raga tanpa menunjukkan betapa keras matiraganya itu. Ia selalu tampak gembira. Ketika ia dipilih sebagai pemimpin biara dalam komunitasnya, ia tetap rendah hati. Ketika Uskup Agung Bourges wafat, William dipilih untuk menggantikannya. Ia bersyukur ditahbiskan sebagai uskup, tetapi sedih karena segala perhatian yang akan diterimanya. Ia tetap rendah hati dengan melakukan silih bagi jiwanya sendiri dan bagi pertobatan orang-orang berdosa.

Walaupun William suka sendirian bersama Tuhan dalam Sakramen Mahakudus, ia tahu bahwa merupakan kewajibannya sebagai uskup agung untuk pergi berkeliling ke seluruh wilayah keuskupannya dengan senang hati. Ia merayakan Ekaristi dan mewartakan iman. Ia mengunjungi orang-orang sakit dan orang-orang miskin, menghibur mereka dan membawa mereka kepada Kristus. Uskup Agung William wafat pada tanggal 10 Januari tahun 1209. Ia dimakamkan di Katedral Bourges. Orang yang berdoa di makamnya mulai melaporkan terjadinya mukjizat-mukjizat.

William dinyatakan kudus pada tahun 1218 oleh Paus Honorius III.

Sumber: katakombe.org

Inspirasimu: Santo Marsianus dari Konstantinopel : 09 Januari

Previous articleUlasan Eksegetis Bacaan Kitab Suci Minggu Pesta Pembaptisan Yesus
Next articleBacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Senin, 11 Januari 2021