Home KATEKESE Santo Yulius I, Paus : 12 April

Santo Yulius I, Paus : 12 April

12 April, Bunda Maria, Gereja Katolik, Gereja Katolik Indonesia, Katekese, Katolik, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Lawan Covid-19, Martir, Para Kudus, Para Kudus di Surga, Pengaku Iman, Santo Yulius I Paus, Santo Stanislaus, Santa Magdalena de Canossa, Santa Waltrudis, Santa Yulia Billiart, Santo Yohanes Baptista de la Salle, Santo Vinsensius Ferrer, Santo Benediktus Moor, Biarawan, Santo Richard dari Chichester, umat Katolik, Uskup dan Pengaku Iman, Yesus Kristus

PAUS Julius I Adalah paus kita yang ke-35. Ia menggantikan santo paus Markus yang wafat pada tahun 337.  Diketahui Paus Julius  I adalah penduduk asli kota Roma dan ayahnya adalah seorang Kristen yang saleh bernama Rustikus. Selama masa pontifikatnya, paus Julius I membangun beberapa gereja yang megah di kota Roma. Ia juga memberikan hak kepada para uskup yang di-ekskomunikasi untuk mengajukan banding ke Roma demi menebus kesalahan mereka.

Paus Julius I dikenal gigih menentang ajaran bidaah Arianisme. Ia memberikan dukungan penuh kepada Santo Athanasius, uskup agung Aleksandria yang harus menjalani pembuangan akibat menentang para pengikut bidaah Arian di keuskupannya.

Julius I juga memerintahkan kepada Gereja Timur untuk merayakan hari Natal pada tanggal 25 Desember bukan menggabungkannya dengan hari Epiphany pada tanggal 6 Januari.

Paus yang kudus ini tutup usia pada tanggal  12 April 352 di kota Roma.

Sumber: katakombe.org

Inspirasimu: Santo Stanislaus : 11 April

Previous articleBacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Senin, 12 April 2021
Next articlePesan Dewan Kepausan Menyambut Datangnya Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H. / 2021 A.D.