Home BERITA Kunjungi KWI, Anis Baswedan Tegaskan Pentingya Penegakan Keadilan dan Kesetaraan Warga Bangsa...

Kunjungi KWI, Anis Baswedan Tegaskan Pentingya Penegakan Keadilan dan Kesetaraan Warga Bangsa  

Capres Nomor Urut 1 Anis Baswedan dan Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC dalam kesempatan silaturahmi kebangsaan di KWI, Kamis (18/1/2024)

JAKARTA, Mirifca.net – Calon Presiden Republik Indonesia nomor urut 1, Anis Rasyid Baswedan mengunjungi Konferensi Waligereja Indonesia di Jl. Cut Meutia 10, Menteng, Jakarta, Kamis (18/1/2024). Anis tiba di KWI sekitar pukul 16.30 WIB dan diterima langsung oleh Ketua Konferensi Waligereja Indonesia, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC.

Dalam kesempatan dialog dengan Ketua KWI, Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2023 ini mengatakan  bahwa keputusannya untuk mengikuti kontestasi pemilihan Presiden RI pada Pemilu 2024 ini adalah demi mewujudkan kesejahteraan warga bangsa dalam berbagai bidang.

“Kami ke sini untuk  menyampaikan kepada para Bapak Uskup alasan mengapa kami fokus pada penegakan keadilan”, kata  Anis.

Pria kelahiran 7 Mei 1969 itu menerangkan bahwa konteks keragaman masyarakat serta luasnya wilayah Indonesia perlu mendapat perhatian lebih pada soal keadilan dan kesetaraan dalam Pembangunan.

“Karena Indonesia ini sangat luas dan beragam. Untuk bisa menjaga agar negeri ini tetap utuh, erat dan bersatu, maka semua yang berada dalam NKRI ini harus mengalami kesejahteraan, ada pemenuhan rasa keadilan sebagai warga bangsa. Mereka yang kecil harus dikuatkan dan yang kuat  tidak  dilemahkan”, ujarnya

Sementara itu, Ketua KWI Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC mengatakan bahwa Konferensi Waligereja Indonesia menyambut baik kunjungan sekaligus penyampaian visi-misi Capres Anis Baswedan.

“Upaya yang ditempuh pak Anis saat ini sebagai calon presiden RI tentu demi kebaikan bangsa. Kami mengikuti juga debat para calon presiden. Siapapun yang berniat maju untuk memimpin bangsa ini tentu harus bisa memenuhi kriteria-kriteria pemimpin secara publik. Terima kasih  atas kehadirannya di KWI”, kata Mgr. Anton.

Ketua Konferensi Waligereja Indonesia periode 2022-2025 itu menegaskan bahwa silaturahmi pak Anis ke KWI akan diinformasikan juga kepada para Bapak Uskup di seluruh Indonesia.

“Di Indonesia ini ada 38 Keuskupan terdiri dari 37 Keuskupan teritorial serta  1 keuskupan ordinariat militer. Tetapi kami para uskup tidak selalu hadir di tempat ini. Biasanya setahun sekali para uskup berkumpul. Kami akan menginformasikan kepada para Uskup mengenai kunjungan ini”, ungkap Mgr. Antonius.

Saat kunjungannya ke KWI, Anis Baswedan didampingi Kapten Timnas AMIN, Muhammad Syaugi Alaydrus, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Daniel Johan, Ketua Umum BERANI, sebuah badan otonom DPP PKB yang membidangi hubungan lintas iman, Pendeta Lorens Manuputty.

Dari KWI, selain Ketua KWI Mgr. Anton Subianto Bunjamin, hadir pula Sekretaris Eksekutif KWI Romo Paulus Christian Siswantoko,Pr, Sekretaris Komisi Kerasulan Awam Romo Yohanes Kurnianto Jeharut, Pr dan Sekretaris Komisi Keadilan, Perdamaian dan Pastoral Migran-Perantau Romo Marthen Jenarut, Pr. Hadir pula sejumlah staf dari Komisi, Lembaga, Sekretariat dan Departemen (KLSD) KWI.

Anis Baswedan merupakan Capres kedua yang berkunjung ke KWI. Sebelumnya pada tanggal 15 November 2023 lalu, Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo sudah mengunjungi KWI.

“Pak Anis menjadi capres kedua yang mengunjungi kami di KWI, sebelumnya Pak Ganjar. KWI ini terbuka untuk semua. Capres nomor urut 2 pernah sampaikan rencana untuk berkunjung ke KWI tetapi belum terlaksana sampai sekarang ”, kata Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC, saat menutup sesi konferensi pers bersama Anis Baswedan. ***

Penulis: John Laba Wujon/Staf Sekretariat Jenderal KWI