Home KATEKESE Santo Rupertus, Uskup dan Pengaku Iman : 27 Maret

Santo Rupertus, Uskup dan Pengaku Iman : 27 Maret

27 Maret, Bunda Maria, Gereja Katolik, Gereja Katolik Indonesia, Katekese, katolik, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Lawan Covid-19, Para Kudus, Santo Rupertus, Uskup dan Pengaku Iman, Santo Ludger, Para Kudus di Surga, Maria menerima Kabar Gembira dari Malaikat Katolik, Santa Katarina dari swedia, Santo Alfonsus Toribio dari Mangroveyo, Uskup, Santo Deogratias, Santo Serapion, Santo Fransiskus Maria dari Camporosso, Pengaku Iman, Santo Yoseph, Umat Katolik, Uskup dan Pengaku Iman, Yesus Kristus
Ilustrasi: catholicnewsagency.com

RUPERTUS dikenal sebagai orang Kudus keturunan suku bangsa berbahasa Jerman. Sebelum menjadi misionaris di Bavaria sehingga dijuluki Rasul Bavaria, dia telah menjadi Uskup Worms, Jerman.
Perjalanan misionernya ke Regensburg, Bavaria, dilakukan pada tahun 697. Di Regensburg, Rupertus bersama beberapa orang rekannya diterima dengan baik oleh adipati Theodo. Adipati ini masih kafir namun ia sangat baik hati dan mendukung para misionaris itu dalam melaksanakan tugasnya sebagai pewarta Injil Kristus.

Agama Kristen memang sudah masuk di wilayah kekuasaan Theodo sebelum kedatangan Rupertus bersama kawan- kawannya. Ini terbukti dari data yang ada bahwa beberapa orang di wilayah ini sudah menganut agama Kristen, termasuk saudari kandung Theodo sendiri. Setelah menyaksikan keberhasilan karya para misionaris itu dan merasakan sendiri kebenaran agama Kristen, Theodo memutuskan untuk menerima pelajaran agama Kristen dari para misionaris itu. Rupertus lah yang mengajari dia agama Kristen bersama beberapa orang lainnya. Di Bavaria Rupertus dengan kawan- kawannya mendapat sukses besar dalam karyanya. Untuk memperkokoh karya mereka, Rupertus mendirikan sebuah pusat pendidikan agama di Juvavum, Austria. Disini ia melayani umatnya sebagai Uskup hingga hari kematiannya pada tahun 710.

Sumber: katakombe.org

Inspirasimu: Santo Ludger : 26 Maret